Merayakan Praktik Pancasila, Bojonegoro Akan Gelar Festival HAM 2016

Suara Bojonegoro     Selasa, Agustus 09, 2016    


Reporter : Tim Redaksi

suarabojonegoro.com - Tahun 2015 lalu Kabupaten Bojonegoro mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat sebagai kota ramah HAM. Kabupaten yang dinilai ramah Hak Asasi Manusia (HAM) dan memperoleh piagam penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM. Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan menggelar Festival HAM 2016 yang bekerja sama dengan INFID (International NGO Forum on Indonesian Development). Menindaklanjuti hal tersebut, hari ini, Selasa (9/8) sedang dilangsungkannya Rapat persiapan Acara di rumah dinas Bupati yang dipimpin langsung oleh Bupati Kang Yoto dan dihadiri oleh Wakil Bupati, Tim INFID, Non Governmental Organization (NGO), Tokoh Agama, serta SKPD yang terkait.

Festival HAM ini rencananya akan digelar pada tanggal 30 November s/d 2 Desember tahun ini, dan bertempat disekitaran Pemkab dan Alun-alun Bojonegoro. Sedangkan tema besar yang akan diangkat adalah “Merayakan Praktik Pancasila Ditingkat Lokal”. Saat ini masih dibahas dalam rapat tentang rangkaian acara yang akan ditampikan, seperti Konferensi HAM, panggung budaya (layar tancap, music, wayang, tayub), pameran produk dan budaya daerah, dan lomba foto, video dan menulis. Selain mengundang masyarakat Bojonegoro, Pemkab juga akan mengundang Duta Besar Inggris, Walikota Barcelona, Walikota Gwangju, serta NGO lokal maupun internasional.  

Bupati Bojonegoro, Suyoto mengatakan Dialog Publik yang diselenggarakan tiap Jumat siang itu merupakan salah satu hak masyarakat yang pemkab berikan agar apresiasi masyarakat dapat tersampaikan. Jika hak masyarakat sudah diberikan, maka konflik sosial dan konflik politik bisa berkurang. Karena jika sudah dikatakan ramah HAM adalah tidak ada lagi pelanggaran HAM di Bojonegoro.

Direktur INFID, Sugeng menambahkan "Bojonegoro merupakan Kabupaten yang sudah terbukti menjadi Kabupaten terbuka dan transparan. Tugas INFID adalah bersama dengan mitra untuk menyediakan kegiatan, sehingga inovasi yang sudah dicapai bisa dikenal luas. Oleh karena itu, kami bersyukur bisa bekerja sama dengan pemkab untuk menampilkan capaian pemkab agar bisa dibagi dan dikenal oleh Kota/Kabupaten lain.". (Lis/Red)


© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .