Pagi Ini Ada Ratusan Pesilat, Peragakan Silat Di Alun-Alun Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Minggu, Agustus 21, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Seorang pesilat dengan menggunakan seragam khas tradisional pesilat tiba tiba melakukan gerakan silat di Alun Alun Bojonegoro, tepatnya di depan Pendopo Pemkab Bojonegoro pada saat acara car free day setiap minggu pagi, beberapa orang yang melihat gerakan lincah pesilat ini satu persatu mulai tertarik dan mengerumuni pesilat tersebut, Minggu (21/8/16).

Setelah melakukan gerakan silat kemudian beberapa orang mengikuti dari belakang dan tampak jumlah semakin banyak, dan disusul lagi oleh beberapa orang lagi, sehingga tampak ratusan pesilat melakukan gerakan yang sama. Secara serentak.

Hal ini menjadi perhatian warga yang melakukan kegiatan pagi di Alun Alun Bojonegoro, tidak sedikit waga yang menghentikan aktifitasnya untuk melihat gerakan lincah nan indah dari sekitar 500 anggota pesilat ini.

Gerakan Silat yang sengaja di tampilkan secara umum oleh ratusan pesilat yang tergabung dari seluruh perguruan pencak silat yang ada di Bojonegoro dibawah naungan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kabupaten Bojonegoro ini sengaja dilakukan untuk lebih mendekatkan Silat kepada Masyarakat.

"Semua pesilat ini menjadi satu dari semua perguruan yang ada di Bojonegoro untuk menyatu dan menggerakan jurus jurus IPSI sebagai bentuk simbol kebersamaan dan persatuan Pencak Silat di Bojonegoro," Terang Ketua IPSI Wahyu subakdiono.

Dijelaskan juga bahwa kegiatan flashmob Pencak Silat ini bukan untuk mengisi acara sebuah kegiatan tapi sengaja dilakaukan untuk menunjukkan bahwa Silat yang merupakan budaya bangsa ini harus tetap dilestarikan bersama sama masyarakat.

"Nanti kita akan terus dilakukan legiatan seperti ini dan akan ditampilkan di tenpat tempat umum untuk menambah wawasan Silat," Kata Wahyu Subakdiono.

Selain itu kegiatan ini bermaksud untuk meningkatkan kebersamaan dan guyub rukun antar warga pencak silat di Bojonegoro dan diharapkan warga penca Silat akan menjadi simbol bela negara dan persatuan masyarakat.  (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .