Pendirian AKN Bojonegoro Masih Dikaji Ulang oleh Kemendikti

Suara Bojonegoro     Senin, Agustus 08, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Kementrian Pendidikan Tinggi, di Jakarta, pernah menyampaikan berkali kali bahwa AKN (Akademi Komunitas Negeri) yang ada di Bojonegoro sudah diperingatkan untuk tidak menggunakan nama AKN, pasalnya di Bojonegoro belum ada AKN yang tercatat di Kementrian Dikti, hal tersebut seperti disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi C DPRD Bojonegoro Abdullah Umar, Senin (8/8/16).

Dari hasil pengarahan saat Komisi C melakukan Kunjungan Kerja di Kementrian Pendidikan Tinggi di Jakarta, yang membahas tentang keberadaan AKN di Bojonegoro, ternyata menurut Abdullah Umar bahwa keberadaan AKN masih dikaji Ulang diseluruh Indonesia.

"Sebenarnya nama AKN belum boleh, karena memang belum ada AKN, dan Bojonegoro belum tercatat," Katanya.

Dikatakan pula, jika memang ingin mendirikan AKN harus ada perguruan tinggi pendamping, namun bukan dengan nama AKN tapi sesuai nama perguruan tinggi pendamping, dan prodi yang dibuka harus sesuai dan mengutamakan konten lokal.

"Dengan adanya persoalan di tubuh AKN Bojonegoro, Kementrian Dikti berencana akan melakukan evaluasi terkait keberadaan AKN di Bojonegoro, karena sudah diperingatkan berkali kali dan tidak sesuai Prosedur," Tambah Politisi Asal PKB ini.

Keberadaan AKN secara Nasional masih menjadi kajian kementrian Dikti, sedangkan dulu adanya AKN berlandaskan UU no 12, kemudian muncul kembalu UU nomer 23 tahun 2014 tentang kewenangan penyelenggaraan Daerah, yang menyebutkan bahwa Pemerintah Daerah dilarang mengelola Perguruan tinggi.

"Jadi untuk keberadaan AKN masih menjadi bahan evaluasi Kementrian Dikti, sementara Pemkab Bojonegoro ada indikasi aset aset Pemkab di serahkan ke AKN,"

Sementara untuk pengelolaan sudah dibiayai oleh pemerintah pusat, dan seharusnya Pemkab dilarang memberikan bantuan operasional untuk AKN, apalagi belum ada kejelasan terkait statusnya.

Dengan adanya persoalan ditubuh AKN ini, Sikap Komisi C DPRD Bojonegoro akan menkaji ulang terhadap pendirian AKN, dan diharapkan pendirian AKN ini harus sesuai dengan aturan dan mekanisme yang jelas. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .