Perari Akan Gelar Ujian Profesi Advokat Di Cepu

Suara Bojonegoro     Jumat, Agustus 12, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Perari (Perkumpulan Pengacara Indonesia) Pimpanan Wilayah Jawa Tengah, Akan menyelanggarakan Ujian Profesi Advokasi bagi calon advokad yang sudah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam undang undang nomor 18 tahun 2003 tentang Advokat.

Hal ini seperti disampaikan oleh Andreas Juianto, selaku ketua Pimpinan Wilayah Jawa Tengah, Jum'at (12/8/16), "Ujian akan kami gelar di Hotel Mega Bintang Cepu, dan diikuti oleh para peserta dari wilayah Jawa Tengah dan wilayah Jawa Timur Bagian Barat," Terangnya.

Menurut Andreas, untuk menjadi Advokat harus mendapatkan pendidikan tinggi yang berlatar belakang hukum, mengikuti pendidikan khusus profesi advokad dan ujiannya sehingga peserta nanti setelah lulus akan masuk sebagai advokat yang mempunyai legal formal yang jelas sesuai amanat undang undang. Ujian ini diselenggarakan sebagai salah satu syarat untuk diangkat menjadi Advokat. 

"Jumlah advokat dari Perari memang sudah banyak dan memang perlu ada peningkatan kuantitas guna mencetak kader advokad yang profesional dan berkualitas," Tambah Andreas.

Ujian Advokat ini akan dilakukan pada hari Senin tanggal 15 Agustus 2016 mendatang, dan akan diikuti sekitar 50 Calon Advokad.

Dalam ujian ini nanti, ketika sudah memenuhi syarat penilaiannya, akan dianggap lulus Ujian dan kemudian memasuki tahapan pengangkatan Advokat yang dilakukan oleh organisasi advokad, dan dilanjutkan dengan tahapan sumpah di Pengadilan Tinggi.

Dengan adanya Ujian Advokat ini diharapkan kedepan pengacara atau advokat bisa berperan aktif sebagai penegakan hukum di Negara Indonesia dan bertanggung jawab dalam apa yang dilakukan.

"Sehingga profesi Advokat tidak hanya sebagai simbul saja di Masyarakat," Pungkas Andreas.

Dalam acara Ujian Profesi Advokad Perari ini akan dihadiri Ketua Umum Perari Zuman Malaka S.Hi. SH. MH, beserta Sekretaris Jenderal Perari Riyanto SH. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .