PMK, Polisi, Perhutani, Dan Warga Padamkan Api Di Hutan

Suara Bojonegoro     Senin, Agustus 22, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Kebakaran hebat terjadi di wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Padangan, Bojonegoro, Jawa Timur,  bersama aparat kepolisian dan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Petugas Perhutani dan Masyarakat berupaya memadamkan Api yang membara tersebut.

Akan tetapi kegiatan pemadaman ini merupakan kegiatan simulasi pemadaman terhadap kebakaran hutan dan lahan di lokasi hutan CSO benih jati di kantor pos pantau pengamanan dan kebakaran hutan Padangan. Senin (22/08/2016).

Dalam simulasi tersebut diperagakan contoh penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan api ringan yaitu dengan menggunaakan alat tradisional dengan dibantu penduduk atau masyarakat sekitar wilayah hutan dan contoh kebakaran hutan dan lahan dengan api sedang menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) milik BPBD.

Selain itu Petugas Kepolisian juga ikut dalam kegiatan simulasi pemadaman terhadap kebakaran hutan tersebut, "kita libatkan anggota kita dalam simulasi ini, karena kepolisian juga tak bisa lepas dari semua bencana yang terjadi," Jelas Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro.

Dijelaskan juga oleh Kapolres Bahwa dalam kegiatan pemadaman api jika terjadi kebakaran, penduduk memang harus membantu,  dan bisa melakukan pemadaman kebakaran hutan bagi warga sekitar, sedangkan untuk kebakaran hutan dan lahan dengan api semakin membesar diatasi dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari BPBD Bojonegoro dan PMK Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah.

"Namun sebelum musibah terjadi, masyarakat memang harus mewaspadai penyebab terjadinya kebakaran, sehingga mengantisipasi lebih baik sebelum terjadi," Pungkas Pria yang akrab dengan masyarakat ini. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .