Sekdes PNS Ditarget Kembali Ke Pemda Tahun Ini

Suara Bojonegoro     Selasa, Agustus 30, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Sekretaris Desa (Sekdes) berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Bojonegoro ditargetkan kembali ke Pemerintahan Daerah (Pemda) pada tahun ini juga, hal tersebut namun masih menunggu Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang saat ini masih belum disahkan menjadi Perda sebagai landasan hukum. Selasa 30/08/2016

Anggota pansus 1 Doni Bayu Setiawan selaku yang ikut menggodok Raperda tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa mengatakan jika Raperda tersebut ditunda pengesahan karena memang saat ini masih ada Raperda lebih penting yang terlebih dahulu harus disahkan.

"Kita mendahulukan Raperda yang lebih penting dari itu yang sifatnya urgent ," katanya.

Namun, meski demikian pihaknya mentarget tahun ini harus segera disahkan yang termasuk didalamnya regulasi pengisian sekretaris desa mengganti sekdes PNS ," Sekdes masuk dalam katagori bagian dari pemerintah desa bukan pemerintahan daerah atau dari PNS," jelasnya.

Apalagi, lanjut Doni Sekdes berstatus PNS lebih diuntungkan karena menerima gaji dua kali lipat yaitu gaji PNS dan gaji dari pemerintahan desa sehingga dirasa lebih membebani.

Salah satu contoh Sekdes berstatus PNS yang bekerja di Desa yang memiliki pendapatan yang melimpah yaitu Sekdes Desa Mojodelik Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro. Seperti yang diketahui Desa tersebut berada di daerah lokasi ring 1 Lapangan Banyu Urip Blok Cepu. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .