SMK PGRI 3 Berlatih Kewirausahaan Dengan Mengangkat Potensi Lokal

Suara Bojonegoro     Minggu, Agustus 21, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Saat anda jalan jalan pagi diacara car fre day, pasti anda menemukan salah satu pedagang yang penjualnya gadis- gadis masih usia pelajar dengan dibantu seorang wanita setengah baya, sedang melakukan aktifitas penjualan kopi dan makanan yang ternyata adalah tradisional.

Jadah Goreng dan kue cucur atau bahasa jawanya Kucur, ditawarkan oleh gadis gadis ini kepada para pelanggan yang sengaja datang di lapak yang berada di depan Pemkab Bojonegoro pada hari minggu pagi (21/8/16).

Jangan heran, mereka sebenarnya bukan pedagang asli yang memang sedang berjualan seperti yang lain, mereka adalah para siswi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) PGRI 3 Bojonegoro yang sedang melakukan pelatihan kewirausahaan.

Dengan didampingi ibu ibu setengah baya yang ternyata adalah guru pendamping mereka bernama Ani Krisnawati, sekaligus mengajarkan kepada para siswi SMK PGRI 3 ini bagaimana cara bereirausaha dan juga berlatih memberikan pelayanan para pelanggan.

"Memang ini pelatihan bagi siswa kami, dan memang kami seperti sungguhan melakukan penjualan makanan tradisional dan juga makanan yang lain serta minuman," Jelas Prabandari yang juga guru pendamping siswi yang sedang melakukan pelatihan kewirausahaan ini.

Dikatakan juga oleh Prabandari, bahwa pelatihan ini sengaja membawa tema makanan lokal dan tradisional dengan tujuan mengangkat potensi lokal Bojonegoro yang sebenarnya masih banyak diminati oleh masyarakat Bojonegoro.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pelanggan yang datang untuk mendapatkan makanan tradisional yaitu jadsh goreng dan juga kucur ini, " Sebenarnya makanan ini masih ada tapi jarang ditemukan, hanya ketika ada kegiatan momen tertentu seperti hajatan manganan maupun pernikahan di Desa-Desa," Tambah Prabandari.

Para Guru memilih tema warung PKL (Pedagang Kaki Lima) yang berjualan dipinggir jalan, hal ini dimaksudkan untuk memberikan pembelajaran keuletan siswa dalam berwira usaha, sehingga dari hal yang sulit dalam usaha akan mampu dilewati jika para siswa memahami teori dan strategi pemasaran.

Target dari kegiatan ini juga untuk melatih para siswa siswi SMK PGRI 3 Bojonegoro agar bermanfaat bagi siswa kedepannya, karena selain teori yang diterapkan para pembimbing sengaja melaksnakan kegiatan praktek bagi siswa siswi agar kelak tidak kaget dalam melakukan usaha dimasa mendatang. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .