Tanaman Padi di Bonorejo Rata-rata Umur 35 Hari

Suara Bojonegoro     Selasa, Agustus 30, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Masyarakat Desa Bonorejo Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro mayoritas merupakan petani. wilayah yang juga ring 1 penghasil minyak dan gas bumi (Migas) tersebut, saat ini sebagian besar sudah selesai menanam padi. Memasuki musim kemaru ini, tanaman padi yang ditanam sudah mencapai umur selapan (35 hari).

Para Petani di Desa Bonorejo Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro berharap, tanaman padi yang menjadi harapan berusaha menyambung hidup tersebut bisa tumbuh subur dan menghasilkan hasil yang maksimal.

Salah satu petani desa setempat yang enggan disebutkan namanya mengaku, tanaman padi yang sebagian besar ditanam satu bulan yang lalu itu, sebagian pengairanya berasal dari sungai di desa setempat.

"Airnya dari sungai yang melintas di Desa Bonorejo mas, kadang juga dari air waduk yang ada di dalam proyek Migas," kata pria asli Bonorejo, saat ditemui di salah satu warung kopi di Bonorejo. Selasa (30/8/16) siang.

Namun, masih kata pria tersebut, tanaman jagung miliknya yang diperkirakan berjarak 10 meter dari obor api milik EMCL, mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi.

"Lahan saya yang dekat sumber minyak tingginya mencapai 7 meter, tapi gak ada buahnya. Tebonya saya kasih sapipun gak dimakan, kelihatanya atos (keras) mas," tandasnya.

Ia berharap, perusahaan minyak dan gas bumi asal amerika serikat tersebut bisa bertetangga secara baik.

"Kalu bisa ada kominikasi dengan petani yang notabenya masyarakat kecil. Jangan sampai mengganggu aktivitas para petani," harapnya dengan mewanti-wanti namanya tidak disebutkan.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .