Warga di Ring 1 dilatih Mengolah Biogas

Suara Bojonegoro     Jumat, Agustus 26, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Warga Desa Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro mendapat pelatihan pemanfaatan limbah biogas untuk pertanian dan perikanan pada Kamis (25/8/2016). Sebagai desa penerima manfaat program biogas dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), limbah biogas yang disebut slurry banyak dihasilkan warga Gayam. "Pengolahan limbah Biogas merupakan upaya untuk mendukung pertanian berkelanjutan, dengan harapan warga dapat secara mandiri membuat pupuk, pestisida, dan pakan Ikan." ucap fasilitator pelatihan dari LSM Trukajaya, Eko Kristiyanti.

Eko menjelaskan, Slurry bermanfaat untuk mengembalikan unsur hara tanah yang rusak karena tercemar bahan kimia yang digunakan oleh petani konvensional. Slurry, lanjut dia, juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung asupan gizi ikan. "Pemanfaatan Slurry diharapkan dapat mengembalikan unsur tanah yang rusak sehingga unsur tanah dapat digunakan secara berlanjut hingga beberapa tahun kemudian," ucap Eko di depan warga.

Dalam kegiatan yang diprakarsai ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) ini, warga mendapat materi dari ahli dan dilanjutkan dengan praktik. LSM Trukajaya menyediakan bahan yang diperlukan peserta seperti  Slurry cair dan padat, Urin Sapi, daun - daunan seperti daun Cengkeh, Kecubung, Kenikir, Mindi, Sereh, dan Mumbai. Bahan lainnya berupa Tetes Tebu, ampas tahu, bekatul, daun pepaya, serta jelantah gereh. "Dalam pembuatan pupuk ini kita hanya perlu alat sederhana seperti ember, drum plastik, jerigen, dan untuk pelet ikan kita gunakan gilingan pelet ikan," jelas Eko.

Selama pelatihan, Eko dan tim Trukajaya mengajarkan tata cara pembuatan pupuk baik padat maupun cair serta manfaat dan penggunaanya. Dia juga menyampaikan materi tentang tata cara pembuatan pestisida sehat beserta manfaat dan penggunanya. Dan sekaligus mengajarkan tata cara pembuatan pakan ikan beserta manfaat dan penggunaanya

Biogas merupakan energi alternatif yang dihasilkan oleh kotoran hewan melalui proses fermentasi di dalam reaktor. Kotoran hewan yang bisa dimanfaatkan untuk Biogas antara lain kotoran Babi, Kerbau, Sapi, Gajah, Kuda. Biogas dapat menghasilkan energi untuk memasak dan penerangan. Selain itu, limbah Biogas yaitu Slurry dapat dimanfaatkan untuk pupuk, pestisida, dan pelet ikan.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .