Ada Apa Dibalik Perda Organisasi Perangkat Daerah?

Suara Bojonegoro     Sabtu, September 17, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Setelah melalui pembahasan yang mendasar dan mendalam, akhirnya raperda organisasi perangkat daerah (Opd) tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah telah resmi disahkan, kemaren Jum'at (15/9/16) oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro bersama-sama hadir dalam forum tersebut perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Bojonegoro, di Ruang rapat paripurna DPRD setempat.

Asisten 1 Pemkab Bojonegoro bagian pemerintahan, Joko Lukito mengatakan, bahwa pembentukan Perangkat Daerah yang baru adalah dalam rangka melaksanakan UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Karena dalam UU tersebut ada pembagian urusan yang menjadi kewenangan daerah Kabupaten/ Kota yang harus dilaksanakan oleh Dinas dan urusan penunjang dilaksanakan oleh Badan," katanya kepada suarabojonegoro.com.

Lebih lanjut ia menerangkan, dasar pembentukannya adalah PP No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. "Di Kabupaten Bojonegoro untuk melaksanakan urusan pemerintahan tsb dibentuk 1 Setda, 1 Setwan, 1 Inspektorat, 24 Dinas dan 4 Badan," jelasnya.

Ada beberapa perubahan dalam susunan
perangkat daerah, seperti penambahan, pengurangan serta peleburan. Ada penambahan dinas pemadam kebakaran dan bencana, dinas perindustrian dan tenaga kerja dan lain sebagaianya.

Berikut susunan perangkat daerah Bojonegoro dalam Perda yang telah disahkan :

Dinas sebanyak 24 diantaranya : Dinas
pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan umum dan penataan ruang, Dinas pengairan, Dinas Cipta Karya, Dinas Sosial, Dinas pemadam kebakaran dan kebencanaan, Satuan polisi pamong praja, Dinas pemberdayaan perempuan
perlindungan anak dan keluarga berencana, Dinas Administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, Dinas pemberdayaan masyarakat dan desa. Dinas perhubungan, Dinas Kominfo, Dinas Kepemudaan dan olahraga, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas penanaman modal dan perizinan, Dinas ketahanan pangan,  dinas perpustakaan dan
kearsipan, Dinas lingkungan hidup, dinas
perindustrian dan tenaga kerja, dinas kebudayaan dan pariwisata, Dinas perdagangan dan pengelolaan pasar, Dinas pertanian, Dinas peternakan dan perikanan.

Untuk badan saat ini ada empat badan diantaranya :

Badan kepegawaian pendidikan dan pelatihan, Badan Perencanaan pembangunan daerah, Badan pengelolaan keuangan dan aset daerah, Badan pendapatan daerah. Sedangkan untuk Kecamatan ada 28 Kecamatan saat yang semua bertipe A, Ditambah dengan 11 kelurahan sebagai perangkat kecamatan.(Wan/red).

Foto Ilustrasi : beritasatu.com

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .