Antisipasi Kebakaran Hutan, Perhutani KPH Siaga

Suara Bojonegoro     Kamis, September 15, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Kemungkinan banyaknya tingkat kebakaran hutan di kabupaten Bojonegoro pada musim kemarau membuat Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bojonegoro tidak tinggal diam untuk mengantisipasi peristiwa tersebut. Berbagai upaya dilakukan  guna meminimalizir angka kebakaran yang menyebabkan kerugian. Salah satu upaya tersebut dengan diadakan apel siaga kebakaran hutan atau simulasi kebakaran hutan  yang dilaksanakan di persemaian Pradok, KPH Grogolan, Bojonegoro . Kamis (15/9/16).

Menurut Erwin kepala perhutani KPH Bojonegoro kegiatan simulasi ini sebagai salah satu antisipasi  pencegahan kebakaran hutan sebelum terjadinya kebakaran hutan pada musim kemarau.
“Siaga ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kebakaran hutan yang terjadi pada musim kemarau, ,” Kata Erwin.

Simulasi ini dilakukan dengan membuat lingkaran api berjarak 10 sampai 20 meter pada tepi jalan protokol. Yang mana fungsi dari ilaran tersebut agar api tidak menjalar kedalam.

Pihaknya menambahkan bahwa diwilayah Bojonegoro sendiri  memiliki 50 ribu 144 hektar luas lahan hutan  dan sebanyak 18 hektar lahan telah terbakar sehingga mengalami kerugian sebanyak 10 juta rupiah dari kebakaran tersebut.

Bahkan saat ini untuk mengetahui kondisi hutan di Bojonegoro sudah dapat terpantau  dari atas satelit  dengan menggunakan aplikasi android  bernama sipongi yang dapat diakses untuk publik.
“Bojonegoro memiliki luas wilayah hutan sebanyak 50 ribu 144 hektar  dan saat ini untuk memantau kondisi hutan dapat diakses lewat aplikasi android.” tambahnya. (Ina/Red)


© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .