Antisipasi penyakit menular, Hewan Qurban Diperiksa

Suara Bojonegoro     Kamis, September 08, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Untuk antisipasi adanya penyakit menular pada Hewan Qurban Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) kabupaten Bojonegoro, melakukan pemeriksaan Hewan Qurban Menjelang Idhul adha 1437 H ribuan sapi dan kambing  disediakan  pedagang hewan di kabupaten Bojonegoro siang tadi. Kamis (8/9/16).

Disampaikan oleh Ardiyono selaku kepala Disnakan kabupaten Bojonegoro, hal ini dilakukan juga untuk antisipasi penyebaran penyakit Hewan kepada Manusia. "Kegiatan ini kita lakukan guna memastikan kondisi hewan Qurban yang dipasarkan pedagang bebas penyakit menular." Katanya kepada suarabojonegoro.com.

Sementara, pemerikasaan yang dilakukan meliputi pengecekan mulut, gigi, mata dan kulit sehingga kondisi hewan tersebut dipastikan bebas dari penyakit seperti antrak, skabies atau penyakit kulit dan cacing hati.

"Pemeriksaan hewan Qurban harus dilakukan secara benar pasalnya penyakit tersebut diyakini petugas sangat berbahaya karena dapat menular pada manusia," Terangnya.

Ditanbahkan Ardianto bahw penyakit tersebut sangat bahaya karena dapat menular pada manusia sehingga pemeriksaan hewan kurban harus dilakukan. Adapun Pemeriksaan kambing dilakukan di jalan veteran Bojonegoro sedangkan pemeriksaan sapi dilaksanakan di pasar hewan Bojonegoro.

Selain itu, Pemberian vitamin juga telah dilakukan petugas demi menjaga kesehatan hewan kurban menjelang Idhul adha mendatang, rencananya akan dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk hewan kurban hingga hari raya tiba. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .