Asi Esklusif Wanita Karier Di Bojonegoro Untuk Bayi

Suara Bojonegoro     Selasa, September 20, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - kebutuhan  air susu ibu atau ASI menjadi perihal wajib yang harus diberikan bayi berusia 0-6 bulan kemudian diteruskan pemberian ASi didampingi makanan tambahan sesuai dengan usia bayi. Banyaknya wanita karir saat ini sadar akan pentingnya ASI eksklusif pada bayi berusia 0-6 bulan. Pernyataan ini seperti yang disampaikan oleh Erni Ernawati selaku staff seksi gizi Dinas Kesehatan Bojonegoro.

"Meskipun wanita karir namun kebutuhan akan ASI wajib diberikan oleh bayi 0-6 bulan maka dari itu dianjurkan untuk memilih ASI eksklusif bagi ibu yang bekerja. " katanya kepada suarabojonegoro.com selasa (21/9/16).

Erni juga menambahkan bahwa untuk ASI eksklusif memiliki kualitas yang sama hanya saja cara penyimpanannya harus benar. wanita berkarir ini selain bekerja di dinkes bojonegoro ia juga sebagai pelaku ASI eksklusif sejak bayinya berusia 0 bulan hingga saat ini yaitu usia 6 bulan, untuk memerah ASI peralatan yang digunakan adalah pompa perah ASI,  botol simpan ASI perah, plastikbag, icecooler, dan coolerbag.

"Saya juga pelaku ASI eksklusif sejak anak saya lahir hingga saat ini berusia 6 bulan,  saya tetap memberikan ASI kepada anak saya disaat  sibuk bekerja," tambahnya.

Sementara, penyimpanan ASI ini memiliki jangka waktu berbeda beda tergantung suhu penyimpanan.  Untuk freezer kulkas 2 pintu waktu penyimpanan selama 3 bulan,  dan kulkas bagian bawah waktu penyimpanan ASI hanya 2hari. Dalam sehari erni dapat menyimpan sebanyak 300 -400 ml sehingga waktu bekerja kebutuhan bayinya terpenuhi.

Erni juga menambahkan untuk meningkatkan produksi ASI disarankan makan sayuran dan buah buahan terutama daun katuk dan daun kelor.

"Dalam sehari saya menyimpan ASI perah sebanyak 300-400 ml sehingga kebutuhan bayi terpenuhi,  selain itu harus makan sayur dan buah agar produksi ASI meningkat," tambahnya. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .