Bakal Calon Bupati Bojonegoro Ini, Ikuti Kirab Gunungan Sedekah Bumi

Suara Bojonegoro     Minggu, September 18, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Prosesi Kirap dalam sebuah acara Manganan, atau biasa di sebut Nyadran, atau juga disebut Sedekah Bumi masih menjadi tradisi masyarakat sebagai bentuk sukur atas karunia tuhan yang diberikan, sehingga hasil panen mereka ditunjukkan dalam bentuk gunungan yang diarak keliling kampung.

Seperti yang terjadi di Dusun Wire, Desa Ngemplak, Kecamatan Baureno ini, Tampak semanngat bahagia warga masyarakat mensyukuri hasil panen, apalagi ditengah tengah mereka hadir seseorang yang sudah menjadi buah bibir masyarakat sebagai Bakal Calon Bupati Bojonegoro pada Pemilukada tahun 2018 mendatang yaitu Kuswiyanto. Minggu (18/9/16).

Kuswiyanto sengaja hadir dalam acara Sedekah bumi ini untuk memenuhi undangan warga Desa Setempat, dan juga mengikuti acara prosesi kirap, hingga acara usai. Dalam kesempatan tersebut Kuswiyanto menyampaikan bahwa acara ini adalah mengingatkan atas segala karunia tuhan yang diberikan kepada semua.

"Semua tanaman, buah, air, dan semuanya yang ada di dunia adalah karunia Tuhan, dan agar semakin baik, agar bumi semakin subur, dengan tanaman yang melimpah sehingga bumi wire, disedekahi hari ini," Kata Pria yang juga anggota DPR RI ini.

Dikatakan pula bahwa dengan bersedekah, masyarakat diharapkan akan semakin sejahtera dan semua yang dicita citakan akan tercapai.

Sementara itu Camat Baureno, M Khalil dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa tradisi kirap gunungan hasil pertanian ini selain menjadi acara sedekah bumi juga merupakanupaya mempertahankan tradisi adat masyarakat, selain itu juga berharap agar segala bentuk program pemerintah juga dapat berjalan lancar.

"Harapan kita semoga apa yang kita inginkan terutama peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai dengan menjalankan semua program pemerintah dengan baik," Katanya.

Dalam kegiatan sedekah bumi tersebut diikuti masyarakat Desa setempat dengan dimeriahkan kesenian tradisional Tongklek, dan juga diiringi parade Drumb Band. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .