Bekas Tempat Parkir Motor Pekerja Migas Menjadi Saksi Bisu

Suara Bojonegoro     Jumat, September 09, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Bekas tempat parkir sepeda motor para pekerja Proyek minyak dan gas bumi (Migas) di sekitar area proyek eksplorasi dan eksploitasi lapangan Banyuurip Blok Cepu kini nampak sepi dan tinggal bangunanya saja. Pasalnya, ribuan pekerja proyek tersebut telah habis masa kontrak kerjanya mencapai ribuan yang dirumahkan oleh operator proyek asal Amerika Serikat, ExxonMobil Cepu Limited.

Dari pantauan suarabojonegoro.com, puluhan bangunan bekas tempat parkir yang mayoritas milik warga sekitar proyek tersebut, saat ini mangkrak tanpa dimanfaatkan. Sebagian besar bangunanya berasal dari bambu dan beratapkan terpal-red.

Puing-puing yang berasal dari bambu tersebut mulai rapuh, terpalnya -red mulai sobek dan berserakan dimakan waktu, panas, hujan. Dulu, ribuan pekerja mega proyek tersebut, terlihat lalu lalang memarkirkan kendaraan roda duanya disana.

Juru bicara dan Humas EMCL di Bojonegoro Rexy Mawardijaya mengatakan, Lapangan Banyu Urip dibangun oleh tenaga kerja Indonesia meliputi 460 perusahaan sub kontraktor dengan 17 ribu pekerja lokal yang mencakup 95 persen dari keseluruhan tenaga kerja.

"Pengurangan pekerja dilakukan secara bertahap, sesuai kontrak dan kebutuhan proyek Lapangan Banyu Urip," katanya. (Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .