Bingung Pilih Sapi Qurban, Inilah Caranya

Suara Bojonegoro     Kamis, September 08, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Menjelang Idul Adha 1435 H banyak orang yang ingin berkurban tapi masih bingung memilih hewan kurbannya. Kandang Belajar Sapi Rakyat (KBSR) sebagai acuan para peternak di Kabupaten Bojonegoro dalam penggemukan sapi memberikan tips yang tepat untuk Anda.

"Selain aspek fisik sapi, kita juga harus perhatikan aspek syariatnya," ucap KH Solikin, Pembina Yayasan Bimantari, lembaga yang menaungi KBSR.

Ulama dari Desa Beged Kecamatan Gayam tersebut menyarankan untuk memilih ternak jantan atau betina yang gigi serinya (rahang bawah depan) sudah berganti gigi tetap. Jika dengan hitungan umur, Kata dia, ukurannya adalah unta sudah berumur 5 tahun, sapi umur 2 tahun, kambing umur 1 tahun, dan domba antara 6 bulan hingga 1 tahun. "Kalau anda ragu, anda bisa minta penjual ternak untuk menunjukkan posisi gigi serinya," ujar sesepuh NU Kecamatan Gayam tersebut.

Selanjutnya, secara syariat, Kyai Solikin menyarankan untuk memilih ternak yang sehat dan tidak cacat. Sesuai bunyi hadist riwayat imam Bukhori dan Muslim, ada empat macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban. Antara lain cacat matanya, sakit, pincang dan kurus yang tidak berlemak lagi. "Tidak termasuk luka karena penanda telinga, luka tanda bakar dan ternak dikebiri," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur KBSR Muhammad Ja'i menjelaskan aspek fisik sapi. Menurut dia, pastikan usia sapi sudah poel (1,5 tahun keatas). "Tanda-tandanya gigi depan sudah tanggal minimal satu gigi," ucap pria yang sudah lebih dari 20 tahun bergelut di dunia ternak ini.

Warga Desa Mojodelik yang akrab dipanggil Ja'i ini juga menekankan agar membeli hewan kurban yang tidak punya cacat fisik. Selain itu, kata dia, hewan harus sehat. Ciri-cirinya mata bening, mulut lembab tidak kering, kulit mengkilap tidak kusam, bermamahbiak normal atau gayemi, lincah atau enerjik, badan proporsional dan gemuk.

"Kalau ingin sapi yang baik, silahkan datang langsung ke KBSR," pungkasnya berpromosi. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .