BPN: Ini Baru Pra Pendataan Lahan Milik Warga Desa Mojodelik

Suara Bojonegoro     Jumat, September 09, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -
Tahapan sosialisasi pengadaan lahan kepada pemilik lahan yang dilaksanakan di balai desa Mojodelik, Kamis (8/9/16) yang dilaksanakan oleh operator proyek Jambaran Tiung Biru (J-TB), Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) masih merupakan tahapan pra pendataan.

Dikatakan oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bojonegoro, Romadi mengatakan, untuk tahapan mencapai program pembangunan pipa yakni pengukuran, Pendataan, Identifikasi,  pengumuman dan hal tersebut akan di lalui lebih lanjut.

"Bila data tersebut sudah falid kemudian dievaluasi dalam waktu 14 hari baru diadakan jasa penilai ( idepedent) yang memiliki kompeten, sampai saat ini pihak kami BPN  hanya masih baru pada tahap pra pendataan," katanya saat sosialisasi pembebasan lahan di Desa Mojodelik, Kamis (8/9/16) pagi.

Selanjutnya, dikatakan pula oleh Choiri, dari pihak BPN Bojonegoro, ia menambahkan, bahwa pada saat konsultasi publik dalam pertemuan sebelumnya sudah disampaikan maksud, tujuan dan pentahapan pembanguan pipa JT-B dan pertemuan ini berkelanjutan sesuai pentahapannha supaya warga ada gambaran yang jelas dan kesapahaman sehingga di kemudian hari tidak ada miskomunikasi lagi.

"BPN selaku penyelenggara pengadaan tanah mendapat mandat yang kemudian akan melaksanakan pengukuran tanah warga di dampingi oleh perangkat desa utk mengetahui batasnya yg dinantinya digunakan utk dasar dilaksanakan ganti rugi," tambah Choiri.

Kegiatan pengukuran, pendataan dan pemberkasan dilaksanakan di tahap awal untuk menentukan batas dan luas objek supaya tidak salah dengan pemiliknya hak tanah.

"Tahap berikutnya nanti akan dilaksanakan penunjukan apraisal untuk segala potensi lahan yang  meliputi tanaman diatas lahan tersebut yang dilaks oleh pihak yg berkompeten, sehingga  ganti rugi sepadan dengan kondisi lahan.

Pihaknya berharap pemilik tanah dapat  mengerti dengan jelas dan dimohon kerjasamanya agar pelaksanaan program pengadaan tanah untuk jalur pipa PEPC dapat berjalan dengan lancar.(Wan/Red).

Foto: sosialisasi pembebasan lahan di Desa Mojodelik (dok*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .