Di Mabes Polri Kapolres Bojonegoro Paparkan CAS dan e-Police

Suara Bojonegoro     Jumat, September 30, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S Bintoro.SH., SIK.,MSi tadi pagi Jum'at (30/9) bertolak ke Mabes Polri Jakarta, kedatangannya ke Mabes Polri adalah untuk menghadiri rapat koordinasi dalam rangka persiapan Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2016, yang dilaksanakan pada pukul 08.00 wib di ruang rapat Srena Polri Lt 4 Gedung Utama Mabes Polri jalan Trunojoyo 3 Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Rapat dipimpin oleh Karo Jemengar Brigadir Jenderal Polisi Drs. Syafril Nursal, dihadiri oleh Pejabat dan Kabag dilingkungan Srena Polri, Karo Ops Polda DIY, Karorena Polda Jabar dan Polda Jatim, Kasat Brimob Polda Jabar dan para Kapolres jajaran Polda Jawa Timur yang mempunyai Inovasi pelayanan publik diantaranya Kapolres Sidoarjo, Kapolres Jember, Kapolres Gresik, Kapolres Lamongan, Kapolres Tuban, Kapolres Bojonegoro, dan Kapolres Situbondo.

Dalam rapat itu, para Kapolres yang mempunyai Inovasi di masing - masing Polres diminta untuk memaparkan inovasi yang dimilikinya, termasuk Kapolres Bojonegoro yang memaparkan inovasi pelayanan publik Polres Bojonegoro yaitu aplikasi crime alarm system (CAS). Bukan hanya CAS, Kapolres juga memaparakan program e-Police, yang merupakan sistem laporan penyidikan digital yang berbasis teknologi informasi (TI).

Menurut Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu SB, pelaporan dengan sistem digital akan memudahkan pencarian data file kasus yang dilaporkan mulai dari saat laporan masuk, kemudian semua kegiatan kepolisian semisal pemanggilan, penangkapan, penahanan, pemberian SP2HP dan semua administrasi berita acara semuanya ada di dalam file database program tersebut, sehingga sewaktu-waktu bisa diakses oleh pimpinan secara cepat.

Kapolres mencontohkan, dengan e-Police maka satreskrim bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan pimpinan dengan memberitahukan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dengan sangat mudah, dengan hanya mencari di dalam file e-Police.

Kapolres Bojonegoro yang ditemui seusai kegiatan itu mengatakan, diadakannya rapat koordinasi itu sebagai persiapan pelaksanaan Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik tahun 2016 yang akan diisi dengan kegiatan pameran diskusi panel dan coaching clinic yang akan dilaksanakan di Bandung pada tanggal 26 sampai 27 Oktober 2016.

"Dalam rapat tadi, kita memaparkan aplikasi crime alarm system (CAS) dan e-Police sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, kita paparkan cara dan kegunaan aplikasi CAS dan e-Police," terang Kapolres AKBP Wahyu SB. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .