DPR RI Tekankan Pentingnya Komunikasi Antara Pengusaha dan Pekerja

Suara Bojonegoro     Senin, September 26, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Konflik antara pekerja dan pengusaha menjadi hal yang kerap terjadi di Indonesia. Kepentingan pekerja dan pengusaha yang tidak bisa dipertemukan menjadi salah satu penyebab dasar pemicu konflik tersebut.

Di satu sisi, para pekerja terus menuntu terjadinya kenaikan upah layak untuk mengimbangi lonjakan harga kebutuhan pokok, sedangkan pengusaha berusaha sebaliknya. Konflik tersebut kerapkali berujung pada pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi para pekerja.

Anggota Komisi IX DPR RI Abidin Fikri menekankan pentingnya membangun dialog secara terus menerus antara pihak pekerja dan pengusaha. Dialog merupakan jembatan untuk mencari solusi terbaik bagi pekerja dan pengusaha.

“Para pekerja dan pengusaha harus mengutamakan dialog dalam menyelesaikan pelbagai persoalan industrial,” kata Abidin di Resor Tuban Tropis, Tuban, Jawa Timur, Sabtu (24/9/2016).

Politisi PDI Perjuangan tersebut mengatakan, dialog antar pengusaha atau pemodal dengan pihak pekerja harus mampu melahirkan solusi yang bijak tentang pembagaian rezeki sehingga membantu menggerakkan perekonomian negara.

“Kaum pekerja merupakan elemen penting penggerak perekonomian negara, sehingga pembagian rezeki itu harus bijak,” ujarnya.

Terkait hal itu, posisi pemerintah lanjut Abidin, tidak hanya menjadi sumber yang mengatur regulasi tentang ketenagakerjaan, namun juga menjadi payung pelindung bagi tenaga kerja. Keterlibatan pemerintah dalam konflik antara pekerja dan pengusaha menjadi sangat penting untuk menekan meunculnya berbagai masalah perburuhan.

“Dalam hal ini DPR harus menjalankan fungsi pengawasan terhadap regulasi ketenagakerjaan, sehinga tercipta iklim kerja yang kondusif,” ujarnya. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .