Festival Tahu Ledok, Lestarikan Kuliner Khas Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Minggu, September 18, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Sebagai langkah melestarikan kuliner khas daerah Bojonegoro,  bertempat di jalan Letda Suraji warga Ledok Kulon menggelar festival tahu produk Ledok, yang mana kuliner ini menggunakan bahan dasar dari sari kedelai asli tanpa adaya campuran Kimia. Minggu (18/9/16).

Selain dikenal nikmat dan gurihnya, kuliner khas buatan warga Ledok ini, apabila dinikmati bersama petis dan sambal juga dipercaya memiliki kandungan gizi dan manfaatnya. Dipelopori oleh pemuda paguyupan industri tahu kelurahan ledok kulon Bojonegoro inilah Festival Tahu Ledok digelar.

Ribuan peserta yang berasal dari segala penjuru memadati lokasi penyelenggaraan festival unik ini, bahkan tidak sedikit warga dari luar kelurahan Ledok yang datang untuk melihat meriahnya festival makanan asli Ledok ini.

Keunikan dari gunungan sendiri dibuat dari sebuah gunungan besar yang berasal dari tumpukan tahu yang sengaja diletakkan ditengah deretan tahu yang ada dilokasi untuk disajikan.

Bukan hanya itu,  keaslian dari proses pembuatan tahu yang dikenal dari tahun 1960 an dipercaya warga tidak menggunakan bahan kimia sehingga bergizi dan bermanfaat.

Untuk menambah citarasa tahu ini,  ditambakan petis ikan yang sudah dicampur dengan cabai utuh sehingga rasanya lebih pas dan lezat.
Seperti yang disampaikan khorij Zaenal seorang pengusaha tahu setempat bahwa setelah diadakan festival tahu ini diharapkan dapat memperkenalkan produk tahu ini pada masyarakat luas.

"Dalam rangka festival tahu ledok ini sesama produsen tahu berharap dapat memperkenalkan produk tahu ini lebih luas" katanya.

Panitia festival memberikan kebebasan kepada masing-masing peserta untuk menikmati sajian tahu yang disediakan dilokasi secara gratis, selain itu juga tak ada penilaian dalam ajang unik ini.

Peserta pada festival ini merasa senang karena mereka dapat menikmati tahu yang enak dan kaya gizi secata gratis,  hal ini diungkapkan Novita salah satu peserta festival tahu.

"Saya ikut festival tahu sangat senang sekali,  karena tahunya enak dan bergizi," Ujar Novita.

Selain itu agenda ini dilaksanakan bukan hanya untuk memotivasi bangkitnya usaha kuliner daerah namun dapat mendongkrak usaha kecil menengah dikelurahan ledok kulon Bojonegoro. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .