Guyub Rukun Petani, Bertukar makan Siang Di Sawah

Suara Bojonegoro     Sabtu, September 17, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Guyup rukun dan saling berbagi harus kita tanamkan pada lingkungan masyarakat, Seperti halnya yang dilakukan oleh kelompok petani desa Semanding, kecamatan Bojonegoro yang selalu kompak dalam mengerjakan area persawahan mereka, bukan hanya itu kelompok petani ini juga menciptakan suasana guyup rukun, saling berbagi dengan sesama petani ditengah panasnya terik matahari dilokasi persawahan. Sabtu (17/9/16).

Para  petani ini memulai aktivitas pagi pada jam 6.00 wib  dengan melakukan tanam padi di area sawah mereka dan pada jam 11 siang prosesi tukar menukar makanan pun mereka lakukan satu dengan yang lain. seperti yang diceritakan Jamini salah satu petani padi semanding bahwa tukar menukar makanan ini untuk melepas penat saat melakukan tanam padi sekaligus menciptakan suasana guyup rukun sesama petani.

Makanan yang ditukar berupa masakan ala kadarnya seperti  nasi dengan sayur bayam, sayur asam, sayur lodeh, sambal dan juga lauk yang sangat sederhana seperti tahu, bakwan jagung dan tempe.

“Tiap habis tanam padi kita tukar menukar makanan biar rukun, makanan  yang kita tukar seperti sayur bayam, sayur ayam , tahu, dan tempe ,” kata Jumini.

Jumini juga menambahkan setiap orang bebas membawa bekal sesuai kemampuan financial yang nantinya akan ditukar dengan menu  berbeda yang dibawa petani lain, tukar menukar makanan ini dilakukan 3 kali sehari, yaitu pada jam 7 pagi, jam 11 siang dan jam 4 sore.

“setiap orang membawa bekal beda-beda kemudian ditukar dengan petani lain, acara makannya dilakukan 3 kali yaitu pagi, siang dan sore.” Ujarnya.

Sementara, pada musim kemarau ini petani didesa tersebut tetap melakukan tanam padi , mereka tak takut akan kekurangan air pasalnya , menggunakan sawah areal dengan bantuan tenaga desel sehingga tak ada kendala kekeringan saat kemarau panjang. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .