Inovasi CAS Karya Polres Bojonegoro Dilaunching Kapolri

Suara Bojonegoro     Jumat, September 02, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Karya inovatif Polres Bojonegoro yang dipimpin oleh AKBP Wahyu Sri Bintoro sebagai Kapolresnya yang menelurkan sistem pelaporan berbasis aplikasi Android yaitu  Crime Alarm System (CAS), resmi dilaunching oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur.

Peresmian yang diselenggarakan dihalaman mapolres Sidoarjo ini dilaksanakan Kamis (2/8/16) yang sangat mengapreasi para Kapolres jajaran Polda Jawa Timur yang telah berinovasi, demi meningkatkan pelayanan publik kepolisian, terutama yang berbasis pada IT.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro menyampaikan paparan dihadapan Kapolri dan Menpan RB yang didampingi Kapolda Jatim, Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya dan para petinggi Mabes Polri serta para tamu undangan, terkait Program Aplikasi CAS (Crime Alarm System) yang diluncurkan Polres Bojonegoro.

Dalam paparannya Crime Alarm System (CAS) yang dilaunching Polres Bojonegoro ini terdiri dari 3 versi, yaitu versi untuk Anggota Kepolisian, Versi Untuk Instansi atau Lembaga seperti otel, bank, restoran, warung telah menjadi mitra kamtibmas dengan dibukanya kantoraman112, hotel aman112, bank aman112.

"Dengan sistem ini kita berharap program prioritas promoter ke VII yaitu membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas dapat terwujud," Jelasnya.

Disampaikan pula sistem CAS versi masyarakat, polres Bojonegoro akan menggandeng semua elemen masyarakat utk mjd mitra kamtibmas dengan membuka rumah aman112, shg masy bisa langsung lapor ke rumah aman dimaksud.

"Selain Program Aplikasi CAS, Polres Bojonegoro juga memaparkan Program e-Police, yang selama ini sudah dipergunakan dan masih terus dikembangkan oleh jajaran Polres Bojonegoro," Tambahnya.

Lebih lanjut kapolres menjelaskan, dengan sistem digital, akan memudahkan pencarian data file kasus yang dilaporkan. Dan Jika program ini telah sempurna, mulai dari saat laporan masuk atau diterima, kemudian semua kegiatan pemanggilan, penangkapan, penahanan, penggeledahan dan aneka administrasi berita acara semuanya ada di dalam file database program tersebut, sehingga sewaktu-waktu bisa diakses oleh pimpinan secara cepat.

Selain Polres Bojonegoro dengan CAS nya, ada enam lagi Polres di Jawa Timur yang membuat inovasi pelayanan publik diantaranya Polres Sidoarjo meluncurkan program layanan publik SKCK Online dan SKCK keliling Online,  Polres Gresik dengan Go-Sigap pelayanan publik terintegrasi berbasis IT.

Selanjutnya Polres Jember membuat We Are Ready (WAR), Kentongan Online berbasis Android, Polresta Malang mebuat Panic Button On Hand, Aplikasi pelaporan tindak kriminalitas berbasis Android, Polres Lamongan membuat Sistem Operasional Terpadu Online (Soto Lamongan), Polres Tuban membuat Sistem Siaga Bumi Wali (SIBI) Informasi Pelayanan dan Pengaduan Berbasis Android. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .