Jamban Gratis Untuk Warga Kurang Mampu

Suara Bojonegoro     Sabtu, September 24, 2016    

Reporter : Agus. S


suarabojonegoro.com - Wujud kepedulian TNI-AD dan upaya memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu diwilayah Kabupaten Bojonegoro, juga sekaligus untuk meningkatkan kwalitas hidup bersih dan sehat, Kodim 0813 Bojonegoro beserta jajarannya lakukan program pembuatan jamban bantuan bagi masyarakat.

“Pembuatan Jambanisasi gratis ini merupakan program TNI-AD yang harus dilaksanakan, dan diperuntukkan bagi masyarakat yang belum memiliki jamban/toilet/WC” demikian disampaikan oleh Kapten Inf Teguh Irianto, Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Jum 'at (23/9).

Menurutnya, pengerjaan jambanisasi oleh Kodim 0813 Bojonegoro dikerjakan sebanyak 244 buah jamban dan pembagunannya dibagi setiap Koramil dan Posramil jajaran Kodim 0813 Bojonegoro yang tersebar di 28 Kecamatan se- Kabupaten Bojonegoro. Menurut data yang dihimpun, masing-masing Koramil jajaran Kodim 0813 Bojonegoro telah membangun 9 buah jamban.

Sedangkan untuk Posramil, yakni Posramil Temayang telah membangun 8 buah jamban bagi warga Desa Kedungsari, Posramil Kedewan membangun 8 buah jamban di Desa Kedewan, Posramil Margomulyo membangun 8 buah jamban, 4 untuk warga Desa Margomulyo dan 4 untuk warga Desa Kalangan.

“Untuk Posramil Sekar, telah mengerjakan 7 buah jamban bagi warga Desa Sekar dan Posramil Gondang mengerjakan paling banyak yaitu 15 buah jamban yang terbagi di 4 Desa. Yaitu, Desa Senganten, Gondang, Krondonan dan Desa Pragelan” terang Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Teguh Irianto.

Masih menurut Kapten Inf Teguh Irianto, bahwa pendataan pembangunan jamban gratis tersebut, didukung oleh para Bintara Pembina Desa (Babinsa) tiap-tiap Koramil Jajaran Kodim 0813 Bojonegoro, mereka mendata Kepala Keluarga (KK) yang belum memiliki jamban tiap Desa maupun Kelurahan yang tersebar di tiap-tiap Kecamatan se- Kabupaten Bojonegoro.


“Selain pembangunan tersebut bisa tetap sasaran, diharapkan melalui program jambanisasi ini tidak ada lagi warga masyarakat di Bojonegoro yang buang air besar di sungai atau kali” pungkasnya. (Gus/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .