Kampanye Internet Sehat Oleh EMCL & RTIK, Polres Bojonegoro Turut Ambil Bagian

Suara Bojonegoro     Kamis, September 08, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Kampanye internet sehat Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur terus berlanjut. Bahkan, pada sesi kali ini Polres Bojonegoro turut ambil bagian. Satreskrim Polres Bojonegoro mewakili Kapolres memberikan arahan mengenai tindak kriminal di dunia maya kepada puluhan siswa SMAN 1 Bojonegoro, pada Kamis (8/9/2016). "Ini sesi terakhir program tahun 2016," ujar ketua RTIK, Rifaun Naim.

Faun, panggilan akrabnya Rifaun, mengatakan, program yang diprakarsai ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) ini telah melakukan sejumlah kegiatan kampanye internet sehat di berapa sekolah tingkat SMP dan SMA di seluruh Kabupaten Bojonegoro. Selama ini, lanjut dia, pihaknya juga memperoleh dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan sekolah. "Kebetulan polisi juga punya program yang serupa, dan seperti ini bentuk sinerginya," tuturnya.

Satreskrim Polres Bojonegoro yang diwakili oleh Aiptu Dasmono, SH., menyampaikan praktek-praktek modus kriminalitas melalui internet (cyber crime). Dia juga berbagi tips mengenai antisipasi yang harus dilakukan. " "Dari kasus yang saya tangani, rating tertinggi kasus cyber crime yang paling sering terjadi di Bojonegoro adalah pencemaran nama baik dan penipuan online," papar Dasmono sambil menjawab berbagai pertanyaan dari siswa yang penasaran tentang hukum dan aturan di dunia maya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Drs. Hanafi., M.M, menutup rangkaian program sosialisasi internet sehat. Dia berharap siswa Bojonegoro lebih bijak  menggunakan internet. "Saya berharap kepada adik-adik, gunakanlah internet dengan positif dan sehat," katanya.

Menurut Hanafi, sinergi pemerintah, masyarakat, dan swasta seperti EMCL memberi dorongan yang kuat dalam mewujudkan masyarakat Bojonegoro yang sehat, cerdas dan bahagia. Termasuk sehat dalam berinternet. "Sinergi ini harus kita teruskan tidak hanya dalam program ini saja," ungkap dia seraya berharap program ini dilanjutkan di tahun depan.

Kepala sekolah setempat, Drs. Bambang Dananto, M.Pd. dalam sambutannya, mengapresiasi sosialisasi yang di prakarsai oleh EMCL dan RTIK Bojonegoro ini.

"Atas nama sekolah kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini," katanya. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .