Kasus HIV-AIDS Di Bojonegoro Meningkat Tajam

Suara Bojonegoro     Kamis, September 29, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Penyebaran kasus HIV-AIDS  di Bojonegoro dari tahun ke tahun semakin meningkat tajam, hal itu seperti yang tercatat  mulai bulan Januari hingga Agustus 2016 dari Dinas Kesehatan Pemkab Bojonegoro sebanyak 143 jiwa positif terjangkit HIV-AIDS. Kamis (29/9/16).

Sementara dalam kurun waktu setahun lalu jumlah penderita mencapai 186 jiwa.
Penderita penyakit berbahaya ini mayoritas berasal dari ibu rumah tangga sebanyak 46 jiwa, sementara jenis pekerjaan lain ada warga yang dinyatakan terjangkit penyakit ini adalah beberapa dari buruh kasar,  wiraswasta,  petani,  nelayan,  karyawan,  sopir, PNS, dan pelaut.

dr. Hernowo selaku kabid P2PL Dinas Kesehatan Bojonegoro saat rapat koordinasi kelompok kerja monev komisi penanggulangan AIDS Kabupaten Bojonegoro di gedung Angling darma pagi tadi menyatakan bahwa Mayoritas yang terjangkit HIV-AIDS dari ibu rumah tangga,  yang diduga sumber penyakit berasal dari suami yang sering ganti pasangan.

"Penularan penyakit ini dari hubungan sex,  darah dan air susu ibu sehingga sangat mudah menyebar dan menular," Terang dr Hernowo. Hal itu Terbukti di Jawa Timur sendiri menjadi kedudukan yang paling tinggi untuk kasus penyakit HIV-AIDS.

"Penyakit tersebut telah menyebar di 28 kecamatan yang ada di Bojonegoro," Tambahnya.

Sementara jumlah HIV-AIDS diBojonegoro yang sudah terdeteksi mencapai 816 jiwa dan diperkirakan ada sekitar 5000 jiwa yang belum terdeteksi sehingga diharapkan kesadaran kepada warga  untuk melakukan tes HIV -AIDS ke dokter agar dapat ditanggulangi.

Selain itu, pihaknya juga melakukan program wajib untuk ibu hamil agar melakukan pemeriksaan terkait hal ini. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .