Kerajaaan Sendang Gendo Di Desa Sendangrejo - Tambakrejo

Suara Bojonegoro     Senin, September 12, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Kerajaan Sendang Gendo, yang pernah ada dalam cerita sejaran masyarakat Desa Sendagrejo, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro menjadi tema pawai Budaya masyarakat setempat, seperti yang disampaikan Jasman selaku sekertaris desa Sendangrejo, seperti kerajaan kecil pawai Budaya ini diikuti sebnayak 740 peserta dengan menggunakan kostum bertema kerajaan, wayang, reog, dan kesenian lainnya.

"Tema pawai budaya ini kerajaan sendang gendo dan diikuti oleh 740 peserta yang berasal dari warga desa sendangrejo, karangtaruna dan pelajar." kata Jasman sore kemarin Minggu (11/9/16).

Meski hari kemerdekaan RI yang ke-71 telah usai, namun warga Desa Sendangrejo, Kecamatan Tambakrejo, baru saja memperingati hari kemerdekaan RI dengan mengadakan pawai budaya. Pasalnya, warga setempat mencari moment yang pas  bertepatan dengan  H-1 hari raya idhul adha 1437 H. Acara tersebut diikuti oleh seluruh warga, karang taruna dan para pelajar  desa setempat.

Sementara, rute perjalanan pawai budaya ini dimulai dari dusun Ngasem, melewati jalan desa Ngasem menuju arah balai desa Sendangrejo. Kemeriahan acara ini berakhir hingga  sore pasalnya diadakan pula undian berhadiah  dan hiburan tari tradisional untuk warga setempat.

sekertaris Desa Sendangrejo juga menambahkan bahwa setelah diadakan acara ini masyarakat sendangrejo akan terus semangat merayakan HUT RI pada tahun mendatang guna meneruskan semangat para pejuang kemerdekaan RI.

"Melalui pawai budaya ini diharapkan masyarakat sendangrejo akan tetap semangat merayakan HUT RI pada tahun mendatang." tambah Jasman sekdes sendangrejo.

Pujiati salah satu peserta pawai budaya tersebut juga berharap agar setelah kegiatan ini selesai masyarakat sendangrejo akan terus mengadakan kegiatan desa yang lebih menarik guna meningkatkan potensi dan kreatifitas generasi muda.

"Harapan saya  setelah kegiatan ini selesai kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan guna meningkatkan kreatifitas generasi muda" ujarnya. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .