Kerajinan Daur Ulang Bojonegoro, Mulai Dilirik Kabupaten Lain

Suara Bojonegoro     Kamis, September 08, 2016    

Oleh : Bhakti Arifin

suarabojonegoro.com - Bojonegoro selama ini dikenal dengan hasil alamnya seperti minyak bumi, hasil hutan dan hasil pertaniannya. Namun sekarang warga Bojonegoro harus sedikit berbangga hati karena hasil aneka kerajinan daur ulangnya mulai dilirik kabupaten lain.

Dalam kurun waktu tiga bulan ini, banyak rombongan baik dari instansi pemerintah maupun rombongan pelaku UMKM dari Kabupaten lain berkunjung di outlet sekaligus rumah produksi kerajinan daur ulang B’Art Recycle & Zipper di Jl. Panglima Polim Gg. Bromo.

Mereka ingin mengetahui dan belajar secara langsung tentang produk-produk kerajinan daur ulang. Seperti kemarin (Selasa,6/9) rombongan guru & murid SMKN2 Tuban berkunjung untuk belajar secara langsung proses produksi kerajinan daur ulang.

Produk-produk daur ulang seperti berbagai macam tempat tisu dari kantong kresek, lampu hias dari kertas koran, dompet dari kantong kresek menjadi vaforit bagi para pengunjung, mereka sangat tertarik akan produk-produk tersebut karena di daerah asalnya belum ada produk unik seperti itu.

“Kerajinan daur ulang ini sangat besar sekali manfaatnya dilihat dari berbagai aspek, dari aspek ekonomi bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga, dari aspek lingkungan bisa mengurangi sampah rumah tangga dan bisa menciptakan lingkungan bersih serta sehat, dari aspek sosial bisa menciptakan kerukunan antar tetangga/kelompok karena pekerjaan dilakukan secara bersama” ujar Ibu Retno pemilik B’Art Recycle & Zipper. (Rif/JW/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .