Kunjungi Blok Cepu, Mahasiswa Undip Dapatkan Materi Aspek Sosial Ekonomi Masyarakat

Suara Bojonegoro     Rabu, September 28, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Puluhan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengunjungi Lapangan minyak Banyu Urip Blok Cepu pada Rabu (28/9/2016). Sebelum melihat langsung fasilitas produksi, mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas Teknik tersebut mendapat pemaparan materi dari Wakil Kepala Teknik Tambang EMCL, Teguh H. Susanto. "Kami menyambut baik para mahasiswa, kader-kader ahli di masa depan," ujar Teguh.

Selain materi teknis, mahasiswa juga mendapat pemaparan tentang aspek sosial ekonomi yang ada di wilayah operasi EMCL. Community Relations Coordinator EMCL, Ichwan Arifin yang menyampaikan materi tersebut menyampaikan bahwa sosial ekonomi menjadi penting untuk keberlangsungan sebuah proyek. "Masyarakat tetangga menjadi perhatian utama kami," cetusnya.

Dalam sesi presentasi itu mahasiswa antusias bertanya. Pertanyaan seputar teknik cukup mendominasi, namun tidak sedikit yang bertanya tentang dukungan warga dan pemerintah kabupaten Bojonegoro terhadap proyek. "Bagaimana para engineer dan kecanggihan teknologi yang dimiliki EMCL bisa menemukan cadangan minyak terbesar saat ini di Indonesia?" tanya Ananda Riris, mahasiswa Teknik Geologi yang dijawab Teguh dengan terperinci.

Kunjungan dilanjutkan dengan melihat berbagai fasilitas di dalam area produksi EMCL. Antara lain mereka melihat waduk penyimpanan air untuk cadangan produksi (water Basin), fasilitas pemrosesan, dan area perkantoran. "Dengan kunjungan ini kita ingin tahu dunia profesional yang sesungguhnya, dan menyerap ilmu dari para pakar yang ada di sini," ujar Ananda yang menjadi ketua rombongan. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .