Libatkan 20 Puskesmas, KIP AIDS Bojonegoro Tingkatkan Strategi Penanggulangan HIV & AIDS

Suara Bojonegoro     Jumat, September 30, 2016    

Reporter : Agus S


suarabojonegoro.com - Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam operasionalisasi kebijakan dan strategi penanggulangaan HIV dan AIDS yang komprehensif dan terintegrasi sesuai dengan prioritas dan kebutuhan daerah KP AIDS Bojonegoro melibatkan 20 puskesmas diwilayah Bojonegoro. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Komisi Penanggulan AIDS Bojonegoro, Johny Nurhariyanto saat acara Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Monitoring dan Evaluasi KP AIDS Bojonegoro, Kamis (29/9) pagi tadi di Ruang Angling Dharma Kabupaten Bojonegoro.

Tujuan lain digelarnya Rakor ini adalah meningkatkan peran KPA yang didalamnya terdapat anggota kelompok kerja dalam penanggulangan HIV AIDS secara intensif, menyeluruh dan terkoordinasi diwilayah Bojonegoro. Menurut Johny, Rakor diikuti oleh 70 orang yang terdiri dari Anggota KP AIDS, Koordinator dan Anggota Pokja KPA serta programer HIV AIDS di 20 Puskesmas di Kabupaten Bojonegoro.

Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. H. Setyo Hartono MM dalam sambutannya saat membuka acara ini menyatakan bahwa pola hidup kita baik pola makan dan minim olahraga harus diperhatikan. Khusus mereka yang menderita sakit ini kebanyaakan karena ketidakpatuhan dalam mengkonsumsi obat serta kurang disiplinnya kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Saya berpesan agar seluruh Pokja KP AIDS senantiasa mengirimkan data yang valid jumlah penderita HIV AIDS, selain itu melibatkan pihak lain seperti Babinsa dan Babinkamtibmas dalam penanganan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini," Terang Wabub.

Kepada para  tenaga medis untuk menangani dan rutin melakukan pemeriksaan kepada ODHA ini. Wabup juga menyampaikan hal yang memprihatin dimana jumlah penderita terbanyak adalah ibu rumah tangga.

"Saya juga menghimbau agar para suami memperhatikan betul kesehatan, apalagi jikaa suami adalah positif HIV rutin memeriksakan diri dan melakukan pengobatan.karena penyebaran HIV AIDS ini paling besar karena hubungan seksual," Tambahnya. (Gus/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .