Pasar Lelang Tingkatkan Pendapatan Petani Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Selasa, September 27, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah


suarabojonegoro.com - Minimnya harga jual hasil komuditas hasil pertanian di wilayah Bojonegoro membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau DISPERINDAG Bojonegoro tidak tinggal diam dalam memecahkan masalah tersebut.

Bertempat di MCM hotel and resto Bojonegoro pihak nya mengadakan pasar lelang yang diikuti oleh kantor perwakilan dagang dari Nusa Tenggara timur (NTT), Ambon dan Maluku. Selasa (27/9/16).

Disampaikan oleh Basuki kepala disperindag Bojonegoro kegiatan pasar lelang ini diadakan guna memotong rantai distribusi penjual agar dapat bertemu langsung dengan pembeli, diharapkan produksi hasil pertanian kita mempunyai nilai jual yang bagus sehingga dapat meningkatkan pendapatan para petani.

“Diharapkan nilai jual hasil pertanian kita semakin bagus. “ tegasnya.

Pihaknya juga menambahkan bahwa program ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun dengan target sebesar Rp50 milyard yang mana komoditas yang dilelang antara lain jagung, kedelai, beras,  kunyit,  singkong,  gaplek, kacang hijau , rempah-rempah dan produksi peternakan telur dan daging.

“Program ini dilaksanakan 2 kali setahun dengan target Rp50 milyard,“ tambahnya.

Sementara, hasil pertanian di Bojonegoro untuk tahun ini sebesar 1 juta ton dan tercatat hanya mengkonsumsi sebanyak 400 ribu ton gabah saja.

Padahal terhitung dari tahun 2014 lalu transaksi penjualan produk pertanian mencapai 36 milyard 900 juta rupiah yang terdiri dari beberapa komoditas antara lain jahe gajah,  jahe merah, kacang hijau, kedelai, Jagung, gaplek, kacang tanah kulit dan beras,.

Acara pasar lelang tersebut juga disambut antusias oleh para bayer,  salah satunya Lodowyk umbu lado dari NTT kabupaten Sumbawa yang mendukung acara ini pasalnya,  ia dapat memperoleh beras dengan harga standard yang ditawarkan mulai harga Rp8500 sampai Rp10000 per kilogramnya sesuai kualitas berasnya.

“Saya mendukung acara ini," Pungkasnya. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .