Pelantikan PKC PMII Jawa Timur, Menpora Minta Terus Aktif Di Masyarakat

Suara Bojonegoro     Minggu, September 04, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo menghadiri acara resepsi pelantikan Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) Jawa Timur masa gerak 2016-2018 di Balai Pemuda Kota Surabaya, Sabtu (03/09) kemarin.

Dengan tema yang diusung "Bangun Tersentak Dari Bumiku Subur, Mengembalikan Kedaulatan NKRI", PMII berupaya untuk mendukung dan mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggunakan kekayaan alam digunakan sebesar-besarnya utuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

"Hal tersebut sebagaimana telah diamanatkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 33 ayat 2 yang mengamanatkan bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnnya dikuasai oleh negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat," kata Zainuddin SH.I, Ketua Umum PMII Jawa Timur dalam orasi singkatnya.

Amanat konsitusi, lanjut dia, tidak hanya pada wilayah teks, namun juga menyediakan dalam realitas yang kongkret. Menurutnya, masih banyak sumber daya alam yang tidak dikelola secara baik dan diperuntukkan untuk rakyat. Seperti wilayah Banyuwangi dan Lumajang yang mempunyai kekayaan alam luar biasa namun dieksploitasi secara berlebihan dan tidak berpihak pada rakyat.

"Untuk itu, kami ingin agar Pemerintah Provinsi Jawa Timur menasionalisai aset atas sumber daya alam dengan memperhatikan dampak eksploitasi dan memperhatikan serta melakukan gerakan kongkret atas rakyat yang berada di sekita wilayah eksploitasi," katanya di hadapan Gubernur Soekarwo.

Imam Nahrawi saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa pelantikan pengurus baru harus dijadikan momentum oleh kader PMII sebagai bahan untuk eksis di tengah masyarakat terutama saat kondisi ekonomi seperti saat ini.

"PMII tidak boleh berhenti menggali seluruh nikmat yang diberikan Tuhan di bumi ini, oleh karenanya kader harus berdaya saing dan percaya diri dalam menggali potensi tanah air, termasuk melalui prestasi olahraga," ujar Nahrawi, sapaan akrab Menpora.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, yang juga memberi sambutan dalam acara tersebut, mengatakan, PMII sebagai modal besar negara untuk membangun kesejahteraan masyarakat di masa depan. Menurutnya, negara yang maju adalah negara yang menjunjung etika dan moral.

"Pengurusan ini harus tegas. kalau iya, ya iya. tidak ya tidak. Idealisme harus diketemukan dengan empirik, itu bisa menjadi resolusi anak muda," tegas Pakde Karwo.

Dalam acara pelantikan yang dirangkai dengan Halaqah Akbar Ikatan Alumni PMII tersebut dihadiri oleh Ketua Ikatan Alumni PMII Jatim Mujahid Ansori, Ketua Pengurus Besar PMII Aminuddin Makruf, Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof Ridwan Nasir dan 1500 kader perwakilan seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. (Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .