Persiapan Pilkades, Banyak Ditanyakan Sistem Pemilihan, BPMPD Belum Pastikan E-Voting Atau Manual

Suara Bojonegoro     Senin, September 26, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Dalam rapat koordinasi persiapan pengamanan Pilkades serentak se Kabupaten Bojonegoro antara Polres Bojonegoro dan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro terdapat beberapa pertanyaan dari Kapolsek terkait sistem pemilihan yang rencananya menggunakan sistem E-Voting. Senin 26/09/2016

Kapolsek Padangan Kompol Eko Dani menanyakan terkait syarat sah suara pemilihan kepala desa yang menggunakan sistem manual (coblosan) sedangkan bagaimana jika pemilihan dilakukan dengan E-Voting apakah bisa dikatakan sah.

"Salah satunya syarat sah suara adalah adanya tanda tangan dari panitia, jika E-Voting bagaimana ," tanyanya.

Hal yang sama juga disampaikan Kapolsek Bojonegoro Kompol Usman juga menyampaikan berat jika Pilkades dilakukan dengan sistem E-Voting.

Sementara itu, Kepala BPMPD Bojonegoro Djumari yang hadir dalam rapat tersebut menjawab jika pihaknya sampai saat ini masih melakukan evaluasi apakah untuk Pilkades serentak gelombang pertama yang diikuti 32 desa di Bojonegoro ini masih akan menggunakan sistem E-Voting atau dengan sistem lain seperti kembali ke cara manual (coblosan).

Seperti yang diketahui sesuai Perda No 13 Tahun 2015 pasal 44 surat suara dinyatakan sah apabila salah satunya adalah adanya tanda tangan oleh ketua panitia pemilihan dalam surat suara sedangkan dalam sistem E-Voting adalah menggunakan alat kusus dengan cara ditombol untuk memilih salah satu calon kades yang dipilih. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .