PNS Di Tuban Ini Siap Nyalon Kades

Suara Bojonegoro     Selasa, September 20, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Ada dua PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Kabupaten Tuban yang siap mencalonkan diri untuk ikut dalam Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak 2016, disampaikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan KB (Bapemaspemdes dan KB) Kabupaten Tuban, Mahmudi. Selasa (20/9/16).

"Dua calon dari unsur PNS yakni pegawai UPT Dinsosnaker di Kecamatan Kerek dan satu lainnya berasal dari Sekdes di Kecamatan Rengel," Katanya.

Munculnya Calon Kades dari PNS ini setelah diperbolehkannya seorang PNS mencalonkan diri menjadi seorang Kades ini tercantum dalam Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 Bab 4 Pasal 45, 46 dan 47 tentang Pilkades, UU 6 Tahun 2014 tentang Desa dan PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Desa.

"Namun PNS tersebut harus mempunyai izin tertulis kepada Pejabat Pembina Kepegawaian, seperti tertera dalam Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 Bab 4 Pasal 47," Tambah Mahmudi.

Dijelaskan juga bahwa selama menjadi calon Kepala Desa, maka PNS tersebut akan diberi cuti terhitung sejak yang bersangkutan terdaftar sebagai bakal calon Kepala Desa sampai dengan selesainya pelaksanaan penetapan calon terpilih. (Ang*)

Foto Ilustrasi : jatimtimes.com

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .