Resik-Resik Sungai Begawan Solo, Awali Festival Begawan

Suara Bojonegoro     Sabtu, September 24, 2016    









Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Sejak pagi mulai dari pejabat dan pegawai Sejumlah SKPD di Bojonegoro, dan juga ratusan Siswa Sekokah di Bojonegoro mengikuti salah satu rangkaian Festival Bengawan Bojonegoro 2016, yakni Resik-resik Nggawan di Taman Bengawan Solo (TBS). Sabtu (24/9/16).

Adapun kegiatan ini diikuti peserta dari instansi pemerintah diantaranya adalah Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). “Juga diikuti oleh pelajar, kira-kira ada sekitar 500-an yang tetlibat,” kata Burhanudin, salah satu koordinator kegiatan.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07:30 hingga siang itu, dibuka oleh Kepala BLH Bojonegoro, Elsadeba Agustina. “Bengawan ini adalah milik kita semua, maka menjadi tanggung jawab kita semua untuk menjaganya. Hari ini kita sudah membersihkan TBS ini, nanti sore kita bisa menikmati pemandangan di TBS yang sudah bersih ini,” kata Elsadeba.

Tampak dalam kegiatan tersebut pelajar dari SMP Negeri 2 dan Pasukan Kuning dari DKP Bojonegoro melakukan aksi sosial dengan memunguti dan mengumpulkan sampah di bantaran sungai Bengawan Solo, mereka tampak bersemangat dengan peralatan seadanya.

“Senang sekali, semoga disini bisa selalu bersih,” ujar Arifin salah satu peserta kegiatan. Dalam jadwalnya,  kegiatan akan diteruskan malam nanti di kawasan Desa Ringinrejo Kalitidu, dengan acara Gelar Seni Tradisional Sandur dan di kawasan Bendung Gerak akan diadakan pemutaran film.

Selanjutnya untuk kegiatan besok direncanakan kegiatan festival Begawan hari kedua dengan kegiatan lomba perahu hias yang dilaksanakan di Bendung Gerak Desa Padang kecamatan Trucuk. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .