Seminar Maklumat Pelayanan Oleh Puskesmas Jenu

Suara Bojonegoro     Jumat, September 02, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Puskesmas Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur baru saja melakukan konsultasi publik dan penandatanganan Maklumat pelayanan (Citizen Charter) di balai pertemuan Kecamatan Jenu, Tuban pada Kamis (1/9/2016).

Menurut Manager Program Fasilitasi Maklumat Pelayanan (Citizen Charter)  Ainun Na'im Mr.  Acara Seminar Maklumat Pelayanan (Citizen Charter)  ini yang dirangkai dengan Konsultasi Publik dan setelah disepakati oleh Forum / peserta seminar yang dipungkasi dengan penanda tanganan Draft Maklumat Pelayanan (Citizen Charter) merupakan proses akhir dalam penyusunan standar pelayanan menggunakan Citizen Charter atau maklumat pelayanan setelah berbagai proses yang dilakukan yaitu,  Sosialisasi, pembentukan Forum, penggalian data, dilanjut risert melalui wawancara dengan pengguna layanan,  observasi, Ada Indept, FGD), yang kemudian dilanjut pembentukan Tim penyusun Draft Maklumat Pelayanan / Citizen Charter. Diacara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Syaiful Hadi, Camat Jenu, Kapolsek Jenu, Danramil Jenu, Direktur IDFoS, Ketua LPPM STAI Al Hikmah Tuban dan masyarakat Jenu yang tergabung dalam Forum Masyarakat Madani (FMM).

Acara tersebut diawali dengan sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Syaiful Hadi, yang menuturkan bahwa dengan diterapkannya Maklumat Pelayanan akan terjadi komunikasi dua arah antara pengguna dan pemberi layanan.

“Apa yang dipunyai oleh pemberi layanan yakni puskesmas Jenu dan apa yang diinginkan oleh pengguna layanan yakni masyarakat, akan sama-sama dipahami. Inti dari maklumat pelayanan ini adalah adanya keseimbangan hak
pengguna dan pemberi layanan yang akan mewujudkan pelayanan yang baik, selain sebagai syarat untuk akreditasi puskesmas,” paparnya.

Ditambahkannya, dalam penerapan Maklumat Pelayanan ini tidak bersifat statis, dalam artian masih diperlukan terus untuk melakukan pembaharuan isi draf maklumat pelayanan (Citizen Charter)  yang telah disepakati tersebut akan dilakukan secara periodik, sesuai dengan perkembangan waktu, perkembangan SDM, dan tuntutan dari masyarakat melalui kegiatan Monev.

Setelah sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan, dilanjutkan dengan sambutan Camat Jenu Kasmuri, dan direktur IDFoS Indonesia Ahmad Taufik, serta diteruskan dengan seminar pelayanan Publik yang menghadirkan dua narasumber yakni Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Timur Agus Widiyarta, dan Rizal Zubad Firdausi dari IDFoS Indonesia.

Selain seminar, inti dari acara ini adalah pemaparan isi draf Maklumat Pelayanan yang berisi tentang poin-poin kesepakatan standar pelayanan di Puskesmas Jenu. Beberapa poin tersebut yang diambil dari masukan-masukan masyarakat berdasarkan baseline pelayanan Puskesmas Jenu pada proses sebelumnya.

Pemaparan isi Maklumat Pelayanan disampaikan oleh Dr. Dede selaku kepala Puskesmas Jenu dan mekanisme complain masyarakat yang disampaikan oleh Zawawi selaku ketua Forum Masyrakat Madani (FMM) Kecamatan Jenu. Pasca pemaparan dilanjutkan dengan konsultasi publik terkait isi dari draf maklumat pelayanan (Citizen Charter)  tersebut, dan ketika seluruh forum yang hadir menyepakati dilanjutkan dengan penandatanganan draf tersebut yang dilakukan oleh pihak puskesmas Jenu dan dari Forum Masyarakat Madani (FMM)  selaku perwakilan Masyarakat pengguna layanan.

Untuk diketahui, bahwa Puskesmas Jenu merupakan puskesmas kedua di Kabupaten Tuban yang menerapkan pelayanan menggunakan Maklumat Pelayanan atau Citizen Charter, setalah puskesmas pertama yang telah lebih dulu mengimplementasikannya, yakni Puskesmas Kecamatan Soko, Tuban yang difasilitasi oleh IDFoS.

Ditambahkan oleh Ketua LPPM STAI Al Hikmah “kegiatan dan acara ini merupakan puskesmas yang kedua yang difasilitasi oleh kami, dan kegiatan ini merupakan kerjasama IDFoS (Institute Development of Socety) dengan LP2M STAI Al Hikmah Tuban dalam sebuah pengabdian kepada masyarakat Tuban. (Wan/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .