Tanggul Di Baureno Jebol Akibat Air Sungai Begawan Solo Terus Meningkat

Suara Bojonegoro     Jumat, September 30, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro


suarabojonegoro.com - Tanggul kaliapur yang berada di Desa Pucangarum, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro mengalami jebol akibat terjangan dan gerusan derasnya air dari luapan luaoan air sungai Begawan Solo yang terus naik sejak kemarin (29/09/2016).

Dari pantuan suarabojonegoro.com, jebolnya tanggul Kaliapur di Desa Puncangarum, Kecamatan Baureno, ini mengakibatkan sejumlah area persawahan tergenang air yang berasal dari luapan Sungai Begawan Solo.

"Luapan air Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro pada malam hari sempat naik pada siaga kuning, debit air yang tidak mampu terbendung menyebabkan tanggul penahan Kali Apur di Desa Puncangarum jebol tadi pagi," Kata M Kholil, Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kecamatan Baureno.

Tanaman padi yang berada diarea persawahan pun terendam air akibat air yang terus datang dan melimoah di wilayah tersebut, jebolnya Tanggul Kali Apur ini sekitar 6 meter ambrol, karena tidak mampu menahan luapan air.

Jika air secara terus menerus menggenangi tanaman padi diduga petani yang sawahnya sudah ditanami padi sejak 3 minggu akan mengalami gagal tanam. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .