Ternyata Selama Januari Hingga Agustus Ada 1.794 Janda di Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Jumat, September 30, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Angka janda di Bojonegoro dalam hitungan 8 bulan dimulai dari bulan Januari sampai Agustus 2016 ini bukan hanya 794 jiwa saja namun ada tambahan 1000 orang yang telah diputuskan dari pengajuan cerai gugat ( dari pihak istri) pada akhir Agustus lalu. Sehingga ada 1.794 yang resmi menyandang status janda atau duda dalam kurun waktu 8 bulan ini.

Penyebab perceraian yang memiliki angka tertinggi adalah tidakadanya tanggungjawab masing-masing pasangan. Pernyataan ini sesuai dengan data yang dihimpun reporter suarabojonegoro dari pengadilan Agama Bojonegoro dalam kurun waktu 8 bulan dari Januari hingga Agustus 2016 sudah disahkan 694 orang resmi bercerai akibat faktor tersebut. Pernyataan ini disampaikan oleh Abdul Mutholib selaku Panitera Pengadilan Agama Bojonegoro. Sabtu (30/9/16).

“yang paling banyak adalah faktor tidak adanya tanggung jawab, dalam 8 bulan saja sudah ada 694 orang karena faktor ini.” katanya.

Sementara,  tahun lalu kasus cerai yang disebabkan perkara ini  sebanyak 902 orang terhitung dalam waktu setahun.

Dipastikan angka perceraian terus meningkat sehingga diperlukan kesadaran masing-masing pasangan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga dan memahami karakter masing-masing untuk mengantisipasi terjadinya status janda maupun duda pada usia muda.

“Harus ada kesadaran masing-masing pasangan,  harus ada keharmonisan dan yang terpenting paham karakter masing-masing. “ jelas Mutholib. (Ina/Red)


Foto Ilustrasi : kabarseru.com

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .