Tujuh Sendang Yang Dikeramatkan Berada Didalam Area Proyek Migas Blok Cepu

Suara Bojonegoro     Sabtu, September 10, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Masyarakat sekitar pengeboran proyek minyak dan gas bumi (Migas) Lapangan Banyu Urip Blok Cepu, masih memegang teguh adat istiadat masyarakat lokal. Seperti menjaga dan melestarikan beberapa sendang yang dikeramatkan oleh warga sekitar proyek.

Tercatat, ada tujuh sendang (sumber air) yang berada didalam pagar Proyek Migas yang dioperatori perusahaan asal Amerika Serikat, EMCL. Ada satu Sendang yang berada diwilayah Desa Gayam yakni sendang Kelor. Kemudian ada enam sendang berada didalam proyek yang dijaga dan dilestarikan oleh warga Mojodelik.

Juru kunci atau sesepuh Desa di Dukuh Ledok Desa Mojodelik Kecamatan Gayam Tamsir mengatakan, sendang yang sudah ada sejak zaman penjajahan belanda tersebut masih dijaga dan dilestarikan oleh warga sekitar. Pasalnya, warga memanfaatkan sumber airnya untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kadang dibuat mandi, kalau musim kemarau ambil airnya disini, kadang juga untuk pengairan pertanian," katanya saat ditemui suarabojonegoro.com, disekitar sendang Lego yang berada diluar pagar Proyek Migas.

Ia melanjutkan, sendang masih berada di wilayah Desa Mojodelik ada sekitar 8 sendang." Yang enam didalam proyek yang dua diluar pagar proyek," ungkapnya.

Sebagai tetangga yang baik, operator proyek Migas, EMCL selalu mendukung dan menghormati tradisi masyarakat lokal, seperti bersih-bersih sekitar sendang, adakan do'a bersama disekitar sendang, dan pagelaran wayang disekitar sendang.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .