Warga Ngemplak, Jaga Tradisi Sedekah Bumi

Suara Bojonegoro     Minggu, September 18, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Tradisi sedekah bumi kali ini oleh warga masyarakat Dusun Wire, Desa Ngemplak, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, yang merupakan kegiatan dan tradisi warisan para leluhur untuk selalu bersyukur atas apa yang diperoleh masyarakat dari hasil pertanian dan tanamannya.

Kegiatan sukur atas nikmat yang diberikan tuhan untuk kita baik berupa rejeki serta nikmat kesehatan yang tiada tara, kegiatan ini Diikuti sebagian warga Ngemplak yang sangat antusias mengikuti acara ini dengan harapan mendapatkan rejeki yang melimpah dari sang pencipta.

Tak kalah menarik acara ini juga diisi dengan aneka hiburan dari pelajar maupun karangtaruna desa Ngemplak, seperti marching band serta lagu dan tarian menarik sebagai penambah semangat pada acara sedekah bumi ini.

Menurut ahmad najib qoiron panitia pelaksana sesekah bumi bahwa selain untuk ucapan syukur kepada Tuhan tradisi ini sekaligus untuk menguri uri budaya daerah agar keberadaannya tak memudar ditengah era modern.

"tradisi ini dilaksanakan untuk menguri uri budaya jawa agar keberadaannya tak memudar. " kata Ahmad Najib Sabtu (17/9/16) kemarin.

Dalam kegiatan kirab hasil bumi dilakukan dengan Rute perjalanan dimulai dari Banteran desa Ngemplak menuju punden dusun Wire, sementara sebagian masyarakat mempercayai mbah Ronggo dan mbah Joko Mursodo merupakan sesepuh atau punden dusun Wire sehingga setiap setahun sekali tepatnya bulan september masyarakat sekitar mengadakan sedekah bumi didesa tersebut.

"Bahwa tradisi ini diadakan setahun sekali khususnya bulan september saat musim kemarau,  di dusun wire sendiri memiliki sesepuh yang bernama mbah Ronggo dan mbah Joko Mursodo yang dipercaya warga sekitar," tambah Ahmad Najib. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .