65 Kelompok Tani Ikuti Pembinaan Dan Terima Bantuan Alat Pertanian

Suara Bojonegoro     Kamis, Oktober 27, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah


suarabojonegoro.com - Sebanyak 65 perwakilan kelompok tani dari seluruh kecamatan yang ada di Bojonegoro mengikuti pembinaan kelompok tani atau UPJA dan penyerahan bantuan pompa air serta seedling tray APBN tahun 2016 di Aula Dinas Pertanian Bojonegoro. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Ahmad Djupari Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Kamis (27/10/16).

“Pembinaan kelompok tani ini diikuti sebanyak 65 peserta yang akan mendapatkan bantuan pompa air dan seedling tray. “kata Djupari.

Djupari menjelaskan bahwa pembinaan ini dimaksud untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada kelompok tani misalnya pungutan liar atau pungli.
“Ada pemberitaan bahwa di Sumodikaran ada Pungli,  petani ditarik uang satu juta rupiah  itu tidak benar, sumbernya tidak akurat bahwa tidak ada pungli terhadap kelompok tani .” kata Djupari.

Pihaknya menambahkan bahwa uang satu juta rupiah tersebut digunakan untuk  transportasi alat pertanian dan dikembalikan kepada kelompok tani.

“Uang sejuta rupiah digunakan untuk transportasi alat pertanian serta akan dikembalikan kepada kelompok tani dan menjadi tanggung jawab masing-masing kelompok bukan tanggungjawab Dinas," tegasnya.

Sementara,  pembinanan kelompok tani dan penyerahan bantuan secara simbolis ini juga bertujuan untuk memaksimalkan hasil pertanian agar produktivitas tanamnya lebih bagus.

“Tujuannya jelas untuk memaksimalkan hasil pertanian sehingga menguntungkan petani dan bukan meluruskan dugaan pungli tapi karena memang tidak ada pungli disini jadi tak ada yang diluruskan,"   tambahnya. (Lin/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .