Ada Proyek Dam, Ratusan Hektar Tanaman Padi Terselamatkan

Suara Bojonegoro     Sabtu, Oktober 01, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Luapan air Bengawan solo yang sempat menghawatirkan para petani yang beberapa hari lalu baru menanam padi, akhirnya terselamatkan dengan adanya bangunan bendungan penahan (check dam) yang sedang masih tahap pengerjaan, di Desa Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro.

Pasalnya, setiap air bengawan solo meluap, para petani yang saat ini baru menanam padi beberapa hari yang lalu itu, selalu merasa was-was. Namun, adanya pengerjaan proyek bendung penahan (chek dam)  warga mulai senang dan tidak was-was lagi.

Salah satu warga setempat, Khotib mengatakan, ia dan petani lainya merasa terbantu adanya proyek pengerjaan check dam yang ia ketahui baru di kerjakan beberapa minggu yang lalu tersebut.

"Kalau gak ada pengerjaan dam, mungkin ratusan hektar padi di sawah sudah mati," cetusnya.

Adanya bangunan dam tersebut diharapkan bisa mengontrol volume air di empat desa yang tiap tahunya menjadi langganan banjir. Keempat desa tersebut merupakan desa yang masih berada di wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo, yakni Desa Pilanggede, Sarirejo, Kedungdowo, dan Mulyorejo.

Kemudian, juga dikatakan oleh warga Desa Kedungdowo, Abdul mengatakan, adanya dam tersebut diharapkan bisa menjadi kontrol volume air.

"Biasanya air sudah sampai jalan, tapi adanya dam masyarakat sedikit terbantu," katanya.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .