Aliansi Mahasiswa Bojonegoro Tanggapi Jawaban Bupati

Suara Bojonegoro     Sabtu, Oktober 01, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Perihal aksi turun jalan yang dilakukan oleh ratusan mahasiswa Bojonegoro yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bojonegoro (AMB) akhirnya mendapat respon dan jawaban langsung dari Bupati dan Kepala Bappeda. Meskipun jawaban tersebut disampaikan melalui media.

Ahmad Syahid, Ketua Umum PC PMII Bojonegoro mengatakan pihaknya apresiatif, karena aksi yang digelar oleh AMB ternyata sampai di telinga Bupati yang dikabarkan lagi di Luar Negeri, yakni Cina. "Ternyata aksi kita direspon, namun kami malah menanyakan dalih Bupati terkait sudah adil dalam pemberian beasiswa kepada mahasiswa di Rintisan AKN, ada ndak regulasinya, siapkah membuka data penerima mahasiswa tersebut agar transparansi terwujud?," ujarnya.

Pihaknya menambahkan bahwa adil itu harus menyetarakan hak bagi seluruh mahasiswa Bojonegoro yang melakukan studi di Perguruan Tinggi, tidak hanya di program Diploma saja. Tapi program diploma juga bukan hanya di Rintisan AKN Bojonegoro saja, tapi mengapa kok hanya diprioritaskan untuk ke kampus tersebut. Ada apakah gerangan? Cukup kebijakan yang aneh.

"Mengapa perihal status AKN mulai dari pendirian, penganggaran dan pelepasan aset daerah tidak ditanggapi Bupati, melainkan hanya tuntutan terkait beasiswa yang tidak proporsinal semata, ini menimbulkan tanda tanya besar," tambahnya.

Selanjutnya terkait jawaban Kepala Bappeda yang menyatakan bahwa status AKN tidak bermasalah juga menjadi catatan penting bagi AMB. "Kita tantang Bappeda untuk menunjukan bahwa perizinan, penganggaran dan pelepasan aset daerah untuk AKN bila sudah sesuai mekanismenya dan tidak melanggar aturan, silahkan disampaikan ke publik dokumen tersebut, atau kita minta untuk menggelar FGD bersama forum AMB, Aspertib, DPRD, Bappeda dan Bupati," pungkasnya. (Wan/Lis)


Foto : dok. AMB saat berunjuk rasa

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .