Anomali Cuaca, Dinkes Bojonegoro Imbau Warga Terapkan Pola Perilaku Bersih & Sehat

Suara Bojonegoro     Selasa, Oktober 11, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Anomali cuaca yang terjadi saat ini di Bojonegoro, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro menghimbau agar Masyarakat terapkan pola perilaku bersih dan sehat, mengingat banyak masyarakat rentan terserang penyakit flu dan pilek, serta penyakit demam berdarah dangue (DBD).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Kabupaten Bojonegoro, dr Hernowo menghimbau kepada masyarakat Bojonegoro agar menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat, baik individu, keluarga dan masyarakat.

"Yang perlu dilakukan upaya hygiene (kebersihan diri, mandi, sikat gigi, keramas), upaya sanitasi, kebersihan lingkungan, berak di jamban, biasakan cuci tangan pakai sabun, menggunakan air bersih untuk mck, merebus air bila diminum, pengelolaan limbah cair yang baik, pengelolaan limbah padat yang baik.

Selain itu, Masyarakat juga perlu mengkonsumsi makanan yang berimbang, 4 sehat 5 sempurna.

"Istirahat yang cukup, hindari terlalu lelah fisik maupun mental, Olahraga teratur, bukann diforsir," imbuhnya.

Pihaknya juga berpesan, kalau ada keluhan mengenai fisik maupun mental segera menghubungi petugas kesehatan setempat.

"Bersama sama mengupayakan lingkungan yang bersih dan sehat, di rumah, sekolah, tempat kerja, tempat umum, dan sarana kesehatan," imbaunya.(Wan/Red).

Foto Ilustrasi : www.anneahera.com

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .