Berikan Kepastian dan Keberanian Pengadaan Barang dan Jasa

Suara Bojonegoro     Selasa, Oktober 25, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Setelah mengikuti sosialisasi E-Katalog yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Hotel Aston, Selasa (25/11) pagi tadi, Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, Msi mengharapkan agar seluruh pejabat yang menangani pengadaan barang dan jasa semakin meningkat kemampuannya dalam hal kepastian dan keberanian.

Bupati dalam sambutannya menyatakan bahwa saat ini kita tengah memasuki era dunia yang bisa dikatakan tidak ada jarak dan segalanya menuntut untuk real time. Hal ini sejalan pula dengan tuntutan kepada aparatur pemerintah atau pejabat publik juga Senantiasa dituntut untuk meningkatkan profesionalisme dan bisa dipercaya.

"Sekarang ini tuntutan dan keinginan masyarakat itu semakin cepat. Hal lain yang dituntut oleh publik selain aparat yang profesional dan terpercaya adalah masalah pencegahan korupsi khususnya pada pengadaan barang dan jasa," Kata Suyoto.

Dua hal ini diindikasikan sebagai ladang penyalahgunaan baik itu di mark up atau mark down. Kini dengan hadirnya E-Katalog akan makin meningkatkan kualitas pengadaan barang dan jasa. Bupati mengungkapkan dengan E-Katalog ini juga ada beberapa hal yang diwaspadai yakni kemungkinan adanya kongkalikong mereka penyediaan barang maupun jasa.

Masih dalam kesempatan ini, Bupati menjelaskan beberapa hal yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan mencegah pelanggaran atau penyelewengan keuangan negara yakni dengan Open Data Kontrak. Beberapa waktu lalu Pemkab sudah melakukan hal ini sebagai upaya meningkatkan akuntabilitas dan transparansi terhadap pengelolaan keuangan negara. Selain penatausahaan tata kelola pemerintahan baik akuntabel dan transparan hal lain yang tak kalah penting adalah adanyab partisipasi publik.

"Meningkatnya partisipasi publik menjadi salah satu tolak ukur," Tegasnya.

Sebelumnya Sugeng Irawan selaku Brandmanager Ayo Klik.Com wilayah Timur menyampaikan bahwa sosialisasi e-kalatog ini dilakukan di lima wilayah antara lain Gresik, Tuban, Lamogan, Bojonegoro. Dengan adanya e-katalog ini diharapkan akan meningkatkan layanan. Selama ini transaksi terpusat di Jakarta, kini dengan dibukanya cabang untuk wilayah Timur maka akan semakin meningkatkan layanan sekaligus mempercepat.

Tak hanya itu Sugeng Irawan mengungkapkan pihaknya untuk wilayah timur ini akan membuka kantor kantor perwakilan. Ditambahkan sosialisasi ini di ikuti beberapa vendor dan LKPP. Peserta adalah seluruh pejabat pengadaan barang dan jasa di jajaran pemerintah baik Pemerintah Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik. (Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .