Bersama Forpimda, Kapolres Bojonegoro Hadiri Acara Bersama Warga Samin

Suara Bojonegoro     Sabtu, Oktober 15, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Acara rembug budoyo dalam rangka HUT Bojonegoro yang ke 339 pada hari Jumat (14/10) sekira pukul 21.00 wib bertempat di rumah salah satu tokoh suku Samin Mbah Harjo Kardi di Dusun Jepang Desa Margomulyo. Suku Samin merupakan suku asli di Kabupaten Bojonegoro yang keberadaan tersebar hanya di Kecamatan Margomulyo.

Sebanyak 37 komunitas suku Samin yang hadir dalam acara Rembuk Budaya Sedulur Sikep Samin. Selain itu juga, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro hadir bersama Forpimda yang dipimpin langsung Bupati Bojonegoro Drs Suyoto atau yang lebih akrab disebut Kang Yoto.

Kang Yoto dalam sambutannya, menjelaskan tentang sejarah orang Bojonegoro berasal dari orang-orang yang berbeda-beda dan macam-macam orang. "Wong kudu ngerti opo iku urip (baca: orang harus tau apa artinya hidup), hidup tidak hanya makan saja, hidup harus rukun, tidak iri dengki", ungkap Kang Yoto.

Setelah sambutan dari Bupati Bojonegoro, acara kemudian diisi dengan tanya jawab dimana seluruh masyarakat Samin menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran seluruh tamu undangan dari Kota. Selain itu juga masyarakat menyampaikan segala uneg-uneg yang selama menjadi kendala diwilayahnya.

Sementara itu setelah acara berakhir, Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro yang juga hadir dalam kesempatan acara itu menyatakan   keterkagumannya atas masih terjaganya budaya serta filsafat hidup suku samin. Ternyata di Bojonegoro masih ada orang yang berpegang teguh terhadap pendirian serta budaya yang diwariskan oleh nenek moyang suku Samin.

"Semoga masyarakat Samin bisa mempertahankan budaya yang masih dipegang teguh sampai saat ini", tutur Kapolres.

Acara rembug budoyo dalam rangka HUT Bojonegoro ke 339 tersebut berakhir sekira pukul 23.00 wib dan kemudian berlanjut dengan pertunjukan seni wayang untuk menghibur warga sekitar. (Ne/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .