BPOM Adakan Sosialisasi Keamanan Pangan di Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Selasa, Oktober 04, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia (RI) mengadakan sosialisasi peran aktif masyarakat dalam penjaminan keamanan pangan. Selasa (4/10/16) pagi. Ratusan peserta hadir dalam acara Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat melalui KIE yang bertajuk 'Pengembangan kader Keamanan Pangan', di Gedung Serbaguna jalan KH. Mansyur Ledok Kulon Bojonegoro.

Peserta yang datang dari berbagai instansi tersebut sangat antusias mendengarkan dan mencermati materi yang disampaikan oleh para pemateri. Mulai dari Organisasi Extra kampus se Bojonegoro, Organisasi kepemudaan se Bojonegoro, Akademisi, Koalisi perempuan Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia di Bojonegoro.

Kepala Seksi Industri dan Rumah Tangga, Badan POM Republik Indonesia, Anita Sulistiani dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa, ada tiga pilar keamanan pangan, yakni Badan POM mengawal keamanan, mutu, khasisat atau manfaat obat dan makanan yang beredar, produsen atau pelaku usaha bertanggung jawab atas produknya, konsumen yang berdaya untuk melindungi diri dari produk obat dan makan yang berisiko terhadap kesehatan.

"Semua ini tak lepas dari peran semua pihak, meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat konsumen tentang pentingnya produk pangan yang memenuhi aspek mutu dan keamanan pangan," katanya dihadapan ratusan peserta.

Selanjutnya, Pihaknya juga berpesan, apabila ada masalah seputar pangan, seperti kadaluwarsa, penyimpangan, kemasan produk rusak, mengandung bahaya berbahaya, produk palsu atau tidak ada izin edar, konsumen atau masyarakat bisa mengadukan hal tersebut.

"Silahkan adukan ke unit layanan pengaduan konsumen badan pom atau balai besar pom di palembang. Di nomer Halopom 1500533," imbuhnya.

Selain mendapat pemaparan materi terkait keamanan pangan, peserta juga dihibur dengan tampilan stud up comedy dari komika lokal Bojonegoro.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .