Demi Bangkitnya Pemuda Bojonegoro, Anam Warsito Perjuangkan Perda Kepemudaan

Suara Bojonegoro     Kamis, Oktober 27, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Anak Muda ini memang tidak dilahirkan ditengah tengah kota dengan banyaknya aktifitas, hiruk pikuk keramaian kota, maupun berada ditengah tengahnya berbagai persoalan yang muncul sebelum orang Desa tahu. Anam Warsito, pemuda yang lahir dari Pedesaan di Bojonegoro yang jauh dari keramaian kota namun mampu membuka jalan lebar bagi para kaum muda lainnya untuk berkarya dan menciptakan ide kratif guna meningkatkan daya pemikiran dan gerakan demi masa depan yang diharapkan banyak orang dan masyarakat umum.

Setiap pengalamannya saat masih kuliah dan juga berbagai organisasi kepemudaan dan keremajaan yang pernah diikuti menjadi modal dasar Anam Warsito untuk menggerakkan para pemuda menuju masa depan yang lebih baik dengan segala bentuk pemikiran yang dipadukan dengan idealisme kabangkitan pemuda di Bojonegoro.

Menurut Anam Warsito, Pemuda yang menjabat sebagai wakil ketua Komisi A DPRD Bojonegoro ini tak henti menghadapi para pemuda dan mengajaknya terus bersemangat membangun tanah air, bangsa dan mempertahankan bahasa kesatuan Indonesia, termasuk para pemuda di Kabupaten Bojonegoro. Namun dengan peradaban dan tantangan zaman, membuat pemuda harus kreatif dan cerdas dalam memanfaatkan peluang untuk menjadi bagian dari kemajuan bangsa.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) masa jabatan tahun 2016 sampai 2019, berupaya bukan hal yang baru bagi dirinya berjuang untuk menciptakan pengusaha baru dengan membangun kewirausahaan di Kota Ledre. Banyak pengalaman diorganisasi kepemudaan yang pernah digeluti Anam, sehingga organisasi kepemudaan (OKP) tempat berproses pemuda mampu menjawab tantangan zaman, dan memberikan peluang sesuai dengan kapasitas dan kemampuan para pemuda.

Anam mengajak semua pemuda untuk sejenak berpikir keras dalam momentum sumpah pemuda ini, dia juga mengajak seluruh pemuda di Indonesia khususnya di Bojonegoro harus mampu untuk menjadi pelopor pemersatu dan tetap mejaga semangat nasionalis yang tinggi untuk menjaga keutuhan NKRI. Menciptakan kenyamanan rasa aman di masyarakat serta menciptakan segela bentuk manfaat.

"Banyak hal yang bisa dilakukan pemuda dimanapun berada, termasuk pemuda yang ada di desa, bisa memajukan daerahnya masing-masing. Supaya aksi nyata pemuda dapat menjadi contoh masyarakat di sekitarnya," Terang Pemuda yang juga politisi Asal Partai Gerindra ini.

Pemuda yang berasal dari dusun Tretek, Desa Wotan, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro ini juga mengharapakan bahwa ide ide cemerlang kawula muda untuk terus berkarya dan menunjukkan prestasi terbaik dalam setiap aspek kehidupan berbagsa dan bernegara, tentu akan memberikan suport, dan menjadi tauladan dan memberikan semangat pemuda lainnya.

"Saua merencanakan beberapa program untuk mewadahi dan berproses bersama pemuda di Kota Ledre. Sehingga kedepan, di era yang akan datang para pemuda bisa berwirausaha, menjadi pemimpin dan yang lainnya," Terang suami Nuky Cahyanti Rahayu.

Anam yang juga Ketua DPC Pemuda Tani HKTI Bojonegoro 2014-2019 akan memperjuangkan berbagai program DPD KNPI Bojonegoro yang ingin membangun jiwa kewirausahaan pada pemuda Bojonegoro, agar kedepan pemuda Bojonegoro dapat menciptakan usaha baru sesuai potensi yang ada di tempat tinggal masing-masing.

itu menjelaskan, "Dengan membangun jiwa kewirausahaan pemuda tersebut, paradigma berfikir pada pemuda tidak lagi mencari lowongan kerja atau selalu berfikir sebagai pekerja, namun melompat bagaimana mereka dapat menjadi 'majikan' atau pemilik usaha," kata Direktur IDFoS Indonesia sejak tahun 2003 sampai 2007.

KNPI harus memberikan manfaat dan juga berkontribusi dalam pengurangan angka pengangguran yang masih tinggi di Bojonegoro, KNPI akan aktif untuk melakukan pengawasan kebijakan yang dibuat pemerintah daerah, agar pro poor (peka terhadap rakyat miskin). Sehingga program pembangunan dapat benar-benar sesuai dengan kebutuhan rakyat yang bermuara pada menurunya anggka kemiskinan di Bojonegoro.

Ditambahkan, KNPI akan berusaha bersama elemen kepemudaan yang lain, agar pemberdayaan dan pembinaan pemuda di Bojonegoro dapat dipayungi oleh regulasi kebijakan daerah berupa PERDA tentang Kepemudaan.

Diharapkan, dengan adanya perda tersebut, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro benar-benar menjamin hak-hak pemuda untuk dibina, difasilitasi dan diberdayakan, serta prestasi yang berhasil diraih pemuda mendapat penghargaan yang layak dari pemerintah.

Program DPD KNPI Bojonegoro

Ingin Membangun jiwa kewira usahaan pada pemuda Bojonegoro sehingga kedepan pemuda Bojonegoro dapat menciptakan usaha baru sesuai potensi yang ada ditempat tinggal masing-masing. Sehingga paradigma berpikirnya tidak lagi berpikir mencari lowongan kerja atau selalu  berpikir sebagai pekerja namun melompat bagai mana mereka dapat menjadi “majikan” atau pemilik usaha. Dengan begitu diharapkan KNPI dapat berkontribusi dalam pengurangan anggka pengangguran yang masih tinggi di Bojonegoro.

KNPI akan aktif untuk melakukan pengawasan kebijakan yang dibuat pemerintah daerah agar pro poor (peka terhadap rakyat miskin) sehingga program pembangunan dapat benar-benar sesuai dengan kebutuhan rakyat yang bermuara pada menurunya anggka kemiskinan di Bojonegoro

KNPI akan berusaha bersama elemen kepemudaan yang lain agar pemberdayaan dan pembinaan pemuda di Bojonegoro dapat dipayungi oleh regulasi kebijakan daerah berupa PERDA tenetang Kepemudaan. Diharapkan dengan adanya perda tersbut pemerintah kabupaten Bojonegoro benar-benar menjamin hak-hak pemuda untuk di bina, difasilitasi dan diberdayakan serta prestasi yang berhasil diraih pemuda mendapat penghargaan yang layak dari pemerintah. Dengan adanya PERDA tersebut juga diharapkan perhatian pemerintah untuk memajukan Pemuda Bojonegoro benar-benar serius. (Ang*)


Data Pribadi

Nama: ANAM WARSITO, SH
T T L : Bojonegoro, 7 April  1979
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Agama: Islam
Warga Negara : WNI
Status: Menikah
Alamat Rumah : Jl. Kolonel Sugiono Gg. Pendowo 99 A Bojonegoro
Kontak Person: 081330088977

 Pendidikan: 1. SDN Wotan Lulus Tahun 1991
  2. SLTPN 2 Sumberrejo Lulus Tahun 1994
  3. SMAN Kedungadem Lulus Tahun 1997
  4. Fakultas Hukum Universitas Jember

Pengalaman Kerja:
 1. Koordinator Pendamping Program GN-RHL Tahun 2003
  2. Koordinator Pendamping GERDUTASKIN Tahun 2004
  3. Koordinator Pendamping GERDUTASKIN Desa Model Tahun 2005
  4. Pendamping Kabupaten PAM-DKB Tahun 2006
  5. Koordinator Pendamping program PISP Tahun 2007
  6. Pendamping program JAPES Tahun 2008
  7. Menejer Program Asistensi ADD Tahun 2008-2010
  8. Pendamping Program JALINKESRA Tahun 2011
  9.  Penyelia Mitra Tani Program PUAP Tahun 2012

Pengalaman Organisasi:
  1.Pengurus PMII Cabang Jember 1999-2000
  2.Direktur IDFoS Indonesia 2003-2007
  3.Koordinatur LAiK Tahun 2008-2009  4. Direktur  eLPAMAS Tahun 2009-2011
  5.Ketua DPC Pemuda Tani  HKTI Bojonegoro 2014-2019
  6. Ketua DPD KNPI Bojonegoro 2016-2019
  7.Sekretaris DPC Gerindra Kab. Bojonegoro 2011- Skarang

Nama Orang Tua Laki-Laki: H.Tamat Suwoto
Nama Orang Tua Perempuan: Hj. Kasriatun
Nama Istri: Nuky Cahyanti Rahayu, SH
Nama Anak:
  1. Nirmala Albab Mahira
  2. Tanita Tanzilur Rizki

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .