Eskusi Tanah dan Bangunan, Berawal Mediasi Lancarkan Kinerja Petugas

Suara Bojonegoro     Rabu, Oktober 05, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Pelaksanaan eksekusi yang dilakasanakan oleh Pengadilan Negeri Bojonegoro dengan mendapat pengawalan dari petugas Polres Bojonegoro, terhadap satu paket tanah dan bangunan (terdiri 2 sertifikat) terletak di Desa Bangilan Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, antara termohon eksekusi Sapari dan Pemohon eksekusi Natalia sebagai pemenang lelang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya berjalan dengan lancar.

Eksekusi yang dilaksanakan pada Rabu (05/10) dimulai pukul 09.00 wib dihadiri oleh, Petugas Pengadilan Negeri Kabupaten Bojonegoro, Kabag Ops Polres Bojonegoro Kompol Teguh Santoso, Kapolsek Kapas, Kades Bangilan Kecamatan Kapas, Pemohon eksekusi yang diwakili oleh Heri Sujatmo, dan termohon eksekusi yang diwakili oleh istri termohon.

Sebelum pelaksanaan eksekusi, dibacakan penetapan eksekusi oleh petugas PN Kabupaten Bojonegoro di obyek eksekusi, yang disaksikan oleh istri termohon dan perwakilan dari pemohon dan dilanjutkan dengan pengecekan obyek eksekusi serta penyerahan kunci oleh istri termohon kepada pihak PN dan diserahkan kepada perwakilan pemohon. Setelah dilakukan penyerahan kunci, kemudian dilanjutkan dengan penandatangan dan penyerahan Berita Acara Eksekusi Nomor : 4/Pdt.Eks/2016/PNBJN tanggal 05 Oktober 2016 oleh istri termohon eksekusi dan perwakilan pemohon eksekusi.

“Setelah kunci diserahkan oleh termohon kepada kita, lalu kunci kita serahkan kepada Natalia melalui perwakilan pemohon Sdr. Heri Sujatmo, dan kedua belah pihak kita minta untuk melakukan penandatangan dan penyerahan Berita Acara Eksekusi,” jelas petugas Pengadilan Negeri Kabupaten Bojonegoro

Pelaksanaan eksekusi tersebut dilaksanakan berdasarkan surat lelang yang ditetapkan oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surabaya Nomor : 1159/2015 tanggal 18 Juli 2014 yang dimenangkan oleh Natalia alamat Jln. Kombes Pol M. Duryat No. 3 RT.001 RW.001 Kel. Sidokumpul Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Adapun obyek eksekusi tersebut terdiri dari : SHM Nomor : 279 seluas : 1.215 m2 dulunya atas nama Sapari sekarang sudah tercatat atas nama Natalia sebagai Pemohon Eksekusi, SHM Nomor : 112 seluas : 2.635 m2 dulunya atas nama Sapari sekarang sudah tercatat atas nama Natalia sebagai Pemohon eksekusi.

Sementara ditempat yang sama, Kabag Ops Kompol Teguh Santoso mengatakan bahwa, sebelumnya pada bulan September lalu sudah dipertemukan antara termohon eksekusi Sapari, dengan Natalia selaku pemohon eksekusi di Polres Bojonegoro yang dihadiri pihak – pihak terkait.

“Sebelumnya kita sudah adakan mediasi di kantor dan sudah dicapai kesepakatan sehingga tidak ada alasan dari Sdr.Sapari untuk melakukan upaya perlawanan apabila eksekusi dilakukan oleh Pengadilan Negeri Bojonegoro, dan secara sukarela Sapari selaku termohon eksekusi memindahkan barang – barangnya ke rumah kontrakan yang baru,” tutur Kompol Teguh saat di lokasi

Pelaksanaan eksekusi tersebut berakhir hingga pukul 10.00 wib berjalan dengan aman dan lancar dengan mendapatkan pengamanan dari 4 personil Polsek Kapas, 3 personil Bag Ops Polres Bojonegoro dan 1 Unit Sat Intelkam Polres Bojonegoro yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Bojonegoro Kompol Teguh Santoso. (Ney/lis/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .