Kartar Desa Katur Melakukan Diskusi Tematik Bersama LSM Pattiro

Suara Bojonegoro     Minggu, Oktober 16, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Remaja sejatinya adalah harapan semua bangsa, negara-negara yang memiliki remaja yang kuat serta memiliki kecerdasan sprititual, intelektual serta emosional yang kuat menjadikan bangsa tersebut kelak akan kuat pula. Untuk itu, malam ini Sabtu (15/10/16), sekitar pukul 20.00 Wib, Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) Surakarta, memberikan pengenalan Pik Remaja dan pemahaman Genersi berencana (Genre), kepada pemuda-pemudi Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.

Tohar Muchlasin, Program Manager PATTIRO Surakarta mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa remaja memiliki permasalahan kompleks. Di antaranya yang paling menonjol adalah permasalahan seputar TRIAD KRR (Seksualitas, HIV/AIDS, dan Napza), rendahnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi, dan relative tingginya angka perkawinan usia dini.

Untuk merespon permasalahan remaja tersebut, PATTIRO Surakarta. Lembaga Non Pemerintah yang saat ini fokus dalam dunia kesehatan, selalu mendampingi dan memberikan informasi tentang kesehatan remaja dengan memberikan bimbingan konseling (BK), bagi remaja di Bojonegoro.

Ia menambahkan, dalam dapat melaksanakan dan mengembangkan Program GEnRe yaitu suatu program yang di kembangkan dalam rangka penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja, dalam rangka mewujudkan remaja berkualitas.

"Dalam tujuan ini kita bermaksud untuk mendirikan PIK Remaja sebagai pusat konseling dari remaja untuk remaja di Desa Setempat di Kabupaten Bojonegoro," kata Thohar


Lebih lanjut, Sejauh ini terdapat 12 Desa di Kecamatan Gayam, yang saat ini di dampingi oleh PATTIRO Surakarta, guna mendirikan Pik Remaja di Desa-Desa. "Saat ini di Kecamatan Gayam yang sudah ada Pik Remaja adalah Desa Sudu," tuturnya

Menindak lanjuti, rangkaian perencanaan dari PATTIRO Surakarta, akan melakukan secepat mungkin untuk dapat mendirikan Pik Remaja di Seluruh Desa-Desa di Kecamatan Gayam.

Ia menjelaskan, bahwa melalui diskusi rematik remaja  ini di harapkan para remaja dapat memahami pentingnya perencanaan kehidupan berkeluarga, memiliki pendidikan yang baik, dan berprilaku hidup sehat, sehingga remaja memiliki kesadaran untuk menikah pada usia yang matang, dapat memasuki kehidupan berkeluarga dengan baik, mampu bekerja secara produktif, dan memahami pentingnya mengatur kehamilan.

Melalui wadah PIK Remaja, adalah salah satu wadah yang di kembangkan dalam program GenRe. Yakni menekankan pada perencanaan kehidupan remaja lebih matang.

"Dalam kehidupan remaja, harus dapat mengoptimalkan potensi-potensi remaja dan dapat mengembangkan kemampuan dari setiap pribadi remaja" ucapnya.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .