Ketahuan Merusak Tanaman Dan Menebang Pohon Jalan Akan Di Denda

Suara Bojonegoro     Sabtu, Oktober 22, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemerintah Kabupaten Bojonegoro akan menerapkan Denda bagi siapa saja yang melakukan oengerusakan tanaman hias maupun tanaman pelindung jalan,
"Siapa pun yang dengan sengaja menebang atau merusak pohon pelindung jalan akan di denda," Kata Nurul Azizah selaku Kepala DKP, Sabtu (22/10/16).

Menurut mantan Camat Kalitidu ini jumlah Denda yang akan diterapkan sebesar Rp50 juta dan sudah diatur dalam Perda No 7 Tahun 2015 tentang Ruang Terbuka Hijau. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap warga yang tangannya jahil.

Dikatakan juga olehnya bahwa tidak sedikit pohon yang kita tanam kemudian sengaja dirusak. Dan denda ini dilajujan sebagai efek jera bagi orang yang tangannya jahil maupun sengaja melakukan perusakan.

"Sudah banyak rusak itu di antara jalan Ahmad Yani dan Jalan Veteran. Banyak pohon dirusak, padahal penanaman itu berfungsi untk mengurangi polusi serta memberikan rasa sejuk," Jelas Nurul Azizah.

Guna menerapkan perda denda terhadap perusakan pohon ini DKP akan melakukan sosialisasi sanksi bagi perusak pohon pelindung jalan. Bahkan dia menyebut bukan tidak mungkin mengambil langkah hukum jika sudah dianggap keterlaluan.

"Karena penanaman pohon pelindung jalan juga menggunakan anggaran pemerintah, dan fungsinya untuk masyarakat juga," Pungkas Nurul. (Ang/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .